Pelayanan Gizi

No. SK: 065/16494.1/102.7/2022

  1. Surat permintaan Konsultasi Gizi dari dokter klinik/kiriman dokter dari luar RS/ Atas Permintaan Sendiri.

  1. Pelayanan Asuhan Gizi Rawat Inap a. Dilakukan Asesmen awal/skrining Gizi untuk risiko nutrisi oleh perawat/medis dalam waktu 1 x 24 jam. b. Ditentukan preskripsi diet awal oleh dokter dan/atau Nutrisionis/Dietisien dalam waktu 1 x 24 jam. c. Dilakukan Asuhan gizi pasien rawat inap oleh Profesional Pemberi Asuhan Gizi (Nutrisionis/Dietisien). d. Dibuat Rencana Terapi Gizi, dilaksanakan intervensi Gizi (pemberian makanan/diet, edukasi dan konsultasi Gizi), monitoring dan evaluasi Gizi e. Pengkajian gizi, rencana terapi/asuhan gizi, catatan perkembangan gizi terintegrasi dan monitoring evaluasi gizi dilakukan oleh Nutrisionis/Dietisien di catat di rekam medik pasien dan diverifikasi oleh DPJP.
  2. Pelayanan Makanan Pasien Rawat Inap (Permintaan Makanan Pasien, pergantian Diet dan Pembatalan makanan Pasien) a. Dilakukan Permintaan Makanan Pasien untuk Pasien baru sesuai diet dan Kelas perawatan. b. Dilakukan Permintaan pengalihan Makanan untuk pasien pindah ruangan. c. Dilakukan Pergantian Diet apabila ada perubahan Diet Pasien. d. Dilakukan Pembatalan Pemberian makanan pada pasien pulang dan meninggal
  3. Pelayanan Klinik Konsultasi Gizi Rawat Jalan a. Dilakukan Asesmen awal/skrining Gizi untuk risiko nutrisi oleh perawat/medis. b. Dikonsultasikan ke klinik konsultasi gizi Jika ditemukan risiko malnutrisi dan dibuat rencana terapi gizi. c. Dilakukan Konsultasi Gizi dan Asuhan gizi pasien rawat jalan oleh Profesional Pemberi Asuhan Gizi (Dietisien) d. Asuhan gizi rawat jalan dicatat di rekam medik dan buku pencatatan dan pelaporan Klinik konsultasi gizi.
  4. Penyelenggaraan Makanan Pasien. a. Pelayanan makanan di rumah sakit mulai dari pengelolaan bahan makanan (perencanaan bahan makanan, pengadaan, penyimpanan, persiapan, pengolahan, pemorsian dan distribusi). Sanitasi dapur, makanan, alat masak dan alat makan dilaksanakan dengan mengurangi infeksi, kontaminasi dan pembusukan. b. Makanan pasien disediakan sesuai status gizi, kebutuhan dan penyakit pasien berdasarkan surat permintaan makan pasien dari ruangan. c. Menu pilihan diberikan kepada Pasien Kelas Utama VIP/VVIP dengan mengisi form menu pilihan yg diisi 1 hari sebelumnya. d. Distribusi makanan dilaksanakan tepat waktu sesuai standar porsi, Diet dan kelas perawatan. e. Makanan disajikan kepada pasien Rawat inap oleh Pekarya Ruangan sesuai Identitas Pasien, Diet, Ruang dan kelas perawatan. f. Dilakukan Penyimpanan produk nutrisi dengan baik, benar dan aman.

1.   Pelayanan Asuhan Gizi Rawat Inap

Senin – Jumat : 07.00 -15.00 WIB

 

2.   Pelayanan Makanan Pasien Rawat Inap

Senin – Minggu :

·        Makan pagi : 06.00 – 07.00 WIB

·        Makan siang : 11.30 – 12.30 WIB

·        Makan sore : 16.30 – 17.30 WIB

 

3.   Pelayanan Gizi Rawat Jalan

Senin – Jumat : 07.30 -15.00 WIB

 

4.   Penyelenggaraan Makanan Pasien.

Dilakukan oleh petugas shift  dalam 24 jam.

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien umum berdasarkan:

1.   Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 9 Tahun 2010

2.   Keputusan Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar Nomor 900/3790/302/2017

 

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien JKN/BPJS berdasarkan:

1.       PMK No.76 Tentang Pedoman INA-CBG Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.

2.       PMK No.26 th 2021 tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups INA-CBG

3.       PMK No.28 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program JKN

4.       Salinan Perpres No.82 Th 2018

5.       PMK No.51 Th 2018 Tentang Urun Biaya

6.       PMK No.16 Th 2019 Tentang Pencegahan Anti Fraud

 

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien Biakes Maskin berdasarkan:

Pergub No.16 Th 2022

 

Penentuan tarif/biaya pelayanan untuk pasien asuransi lainnya akan dibayarkan oleh asuransi sesuai dengan MoU/perjanjian

Pelayanan Gizi meliputi : 1. Pelayanan Asuhan Gizi di Ruang Rawat Inap 2. Pelayanan Konsultasi Gizi di Klinik Rawat Jalan 3. Penyelenggaraan Makanan/Diet Pasien

Untuk layanan pengaduan, masyarakat dapat disampaikan secara:

1.       langsung

Diterima oleh petugas layanan pengaduan (baik pasien umum maupun BPJS Kesehatan) di Ruang Complaint Center (Tempat Layanan Pengaduan) yang berlokasi di belakang Tempat Layanan Informasi (TLI/Lobby)

 

2.       tidak langsung

-          mengakses aplikasi whatsapp “sambatrssa” yang sudah terpasang di beberapa titik layanan

-          melalui sms atau whatsapp ke nomor telepon HP Pengaduan 081555606668

-          mengirimkan surat yang ditujukan kepada Direktur RSUD Dr. Saiful Anwar dan dikirim ke alamat RSUD Dr. Saiful Anwar Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 2 Malang

-          melalui email ppid.rssa@gmail.com

-          melalui DM di sosial media RSSA (Instagram @rssamalang, FB akun RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, twitter @rsudsaifulanwar

                -       melalui kanal LAPOR! SP4N
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Gizi"