Penanganan pasien hipertensi

No. SK: 188.4/125/434.203.200.21/2022

  1. Menunggu nomor antrian
  2. Mengisi informed consent

  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut
  2. Petugas mengidentifikasi pasien
  3. Petugas melakukan pengkajian pada pasien apakah pasien mengeluhkan nyeri kepala, mudah emosi, telinga berdengung, rasa berat di tengkuk, sulit tidur, mata berkunang-kunang dan pusing
  4. Petugas menanyakan apakah pasien memiliki riwayat penyakit darah tinggi sebelumnya, apakah sedang megkonsumsi obat antihipertensi, bila iya jenis obat anthipertensi apa yang sedang digunakan.
  5. Petugas melakukan pemeriksaan vital sign
  6. Petugas menegakan diagnose berdasarkan hasil anamnesis dan pemeriksaan fisik, yaitu: Klasifikasi Sistolik (mmHg) Diastolik (mmHg) Normal < 130 < 85 Perbatasan 130-139 85-89 Hipertensi tingkat 1 140-159 90-99 Hipertensi tingkat 2 160-179 100-109 Hipertensi tingkat 3 ? 180 ? 110
  7. Petugas memberikan Obat anti hipertensi dimulai dengan dosis kecil dan ditingkatkan secara bertahap sesuai respons penurunan tekanan darah, dapat diberikan sampai dosis hampir maksimal. Pemberian oba anti hipertensi bersamaan dengan pengaturan diit dan latihan jasmani, bila diperlukan dapat dilakukan pemberian obat tunggal atau kombinasi
  8. Petugas mengedukasi pasien tentang penyakit Hipertensi, perlunya pengendalian dan pemantauan tekanan darah, penyulit tekanan darah tinggi dan resikonya serta bagaimana mengatasi sementara keadaan gawat darurat akibat hipertensi (nyeri kepala)
  9. Petugas mengedukasi pasien tentang terapi gizi medis (TGM) makanan yang seimbang sesuai dengan kebutuhan kalori dan zat gizi masing-masing individu. Pentingnya keteraturan makan dalam hal jadwal makan, jenis dan jumlah makanan
  10. Petugas mengedukasi pasien tentan latihan jasmani secara teratur 3 – 4 kali seminggu selama kurang lebih 30 menit
  11. Petugas menyerahkan resep kepada pasien
  12. Petugas menulis hasil pemeriksaan fisik,diagnose dan terapi kedalam rekam medic pasien
  13. Petugas menandatangani rekam medic
  14. Petugas menulis diagnose ke buku register rawat jalan

30 Menit

Biaya/Tarif berdasarkan penjumlahan dari tindakan yang diberikan kepada pasien dan disesuaikan dengan tarif perda yang berlaku

Pemeriksaan umum

https://www.lapor.go.id/

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store