Standar Pelayanan Thalasemia

No. SK: 445/0321/III/2023/RSUD

  1. 1. PA SIEN BARU: a. Umum 1) KTP/KIA/Akte Kelahiran 2) Kartu Keluarga b. BPJS 1) Kartu BPJS 2) KTP/KIA/Akte Kelahiran
  2. 2. PA SIEN LAM A: a. Umum 1) Kartu berobat b. BPJS 1) Kartu BPJS 2) Kartu berobat

  1. 1. PASIEN UMUM a. Pasien melakukan proses pendaftaran di Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) b. Setelah mendapat kartu antrian pasien dapat menuju Klinik Anak atau Klinik Penyakit Dalam c. Pasien mendapatkan pemeriksaan oleh Dokter d. Pasien melakukan pemeriksaan laboratorium (antigen dan darah rutin) serta pengambilan sampel untuk crossmatch darah jika pasien haras transfusi e. Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan pasien kembali ke klinik untuk mendapatkan advise dari dokter berdasar hasil pemeriksaan laboratoriumnya f. Apabila HB < 6> 6 gr% pasien terdaftar sebagai pasien rawat jalan dan akan di transfer ke ruang perawatan Thalasemia di Ruang Dahlia, setelah dibuatkan resume pasien pulang dan surat perintah kontrol g. Petugas klinik mengantar permintaan transfuse ke Bank Darah untuk order darah h. Di Ruang Dahlia pasien akan dipasang infus dan akan diberikan transfuse darah sesuai advis dokter. i. Setelah program transfusi selesai pasien akan menyelesaikan administrasi ke kasir
  2. 2. PASIEN BPJS: a. Pasien melakukan proses pendaftaran di Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) dan melakukan perekaman sidik jari. b. Setelah mendapat kartu antrian, pasien menuju loket pendaftaran untuk meletakkan berkas pendaftaran untuk cetak SEP c. Pasien langsung menuju Klinik Anak atau Klinik Penyakit Dalam dan SEP akan diantar oleh petugas ke klinik terkait. d. Pasien diperiksa oleh Dokter e. Pasien dilakukan pemeriksaan laboratorium (antigen dan darah rutin) serta pengambilan sampel untuk crossmatch darah jika pasien harus transfusi f. Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan pasien kembali ke klinik untuk mendapatkan advise dari dokter berdasar hasil pemeriksaan laboratoriumnya. g. Apabila HB <6gr>6gr% pasien terdaftar sebagai pasien rawat jalan dan akan ditransfer ke ruang perawatan Thalasemia di Ruang Dahlia, setelah dibuatkan resume pasien pulang dan surat perintah kontrol h. Petugas klinik mengantar permintaan transfusi ke Bank Darah untuk order darah i. Di Ruang Dahlia pasien akan dipasang infus dan akan diberikan transfusi darah sesuai advis dokter j. Setelah program transfusi selesai pasien akan menyelesaikan administrasi ke kasir

Pelayanan Buka 24 Jam

1. Pendaftaran : 5 menit
2. Pelayanan klinik : 1 jam
3. Pelayanan laboratorium : 2 jam
4. Pelayanan Ruang Thalasemia :
a. Pasien anak • HB>6 gr/dl volume darah yang ditransfusikan berkisar 10-15 ml/kgBB/kali pemberian dengan kecepatan 5 ml/kg/Jam Jarak pemberian transfuse/ interval transfuse adalah 12 jam • HB< 6gr xss=removed> berkisar 2-5 ml/kgBB/kali pemberian Jarak pemberian transfuse / interval transfuse adalah 8 sd 12 jam
b. Pasien Dewasa volume darah yang ditransfusikan berkisar 150-200cc ( 1 kolf ) dengan jarak pemberian 12 jam

Rp. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku,-

1. Pasien Umum
a. Biaya Medis Spesialis : Rp 20.000,-
b. Biaya Tindakan : Rp 95.750,-
c. Pemeriksaan laboratorium : Rp 171.000,-
 d. Biaya Darah/kolf : Rp 503.600,-
e. Biaya Gizi : Rp 30.000,- 2. Pasien BPJS : Rp. 0,00

Pelayanan Pasien Thalasemia

1. Pengaduan, saran, dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui surat yangditujukan ke: Jl. Setjonegoro No 1

2. Sarana aduan elektronik: 

  • Email: rsudsetjonegoro@yahoo.co.id 
  • Telepon: (0286)321091 
  • WhatsApp: 08112969666 
  • Facebook: @RSUD_WONOSOBO (Link: https://www.facebook.com/profile.php?id=100081746956605)
  • Instagram: @rsudwonosobo (link: https://www.instagram.com/rsudwonosobo/ )
  • Twitter: @rsudwonosobo (link: https://twitter.com/rsud_wonosobo )
  • Website: https://rsud.wonosobokab.go.id/
  • Lapor Bupati : https://laporbupati.wonosobokab.go.id/
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Pendaftaran Online melalui aplikasi "RSUD Setjonegoro Wonosobo" yang bisa diunduh melalui play store