Pelayanan Imunisasi

No. SK: 445.4/1133/III/2021

  1. KTP/Kartu Jaminan Kesehatan (untuk mencocokkan identitas pasien dengan Rekam Medis)
  2. 1. KTP / KK / Kartu Jaminan Kesehatan ( untuk mencocokkan identitas pasien dengan Rekam Medis) 2. Buku KIA

  1. Petugas memanggil pasien 2. Petugas mencocokkan identitas pasien dengan rekam medis 3. Petugas melakukan anamnesis lengkap 4. Petugas melakukan pemeriksaan KU/VS bila perlu Antropometri (BB,PB), bila pasien sehat dilakukan imunisasi namun bila pasien sakit dikonsulkan ke dokter 5. Petugas memberikan resep ke pasien 6. Pasien ke kasir untuk melakukan pembayaran 7. Pasien ke farmasi untuk mengambil obat
  2. 1. Mempersiapkan Alat dan Vaksin 2. Memanggil pasien dan mempersilakan duduk 3. Melakukan anamnesa 4. Melihat Jadwal imunisasi pada buku KIA 5. Memberitahu Ibu tentang Imunisasi yang akan diberikan 6. Menjelaskan manfaat dan efek samping Imunisasi yang diberikan 7. Menanyakan keadaan bayi sekarang sakit apa 4. Bed gyn 5. Lampu Halogen 6. Meja dan Kursi 7. Komputer 8. ATK 9. Tempat tidur periksa 10. Wastafel, hand sanitizer 11. Masker, handscoon 12. Alkes lain sesuai kebutuhan 9 Kompetensi pelaksana 1. Dokter 2. Bidan minimal pendididikan D3 Kebidanan 3. Tenaga Administrasi yang mampu mengoperasikan komputer 10 Pengawasan Internal Tim mutu, PJ UKP, Ka TU, Kepala Puskesmas 11 Jumlah Pelaksana 3 orang 12 Jaminan Pelayanan Maklumat pelayanan 13 Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan Maklumat pelayanan 14 Evaluasi Kinerja Pelaksana 1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui lokakarya mini bulanan Puskesmas dan Rapat tinjauan management setiap 6 bulan sekali 2. Evaluasi berdasarkan pengawasan atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan ( SKP, e-Kinerja, Tata nilai KTS ) 3. Survei indeks kepuasan Masyarakat setiap 6 bulan sekali -22- tidak ( apabila sakit seperti batuk pilek demam imunisasi ditunda) 8. Petugas Mencuci tangan 9. Meminta ibu untuk persiapan posisi bayinya 10. Membuka tutup metal vaksin sesuai jenis vaksin yang diberikan 11. Menyedot vaksin sesuai jenis vaksin yang diberikan seperti BCG, DPT-HB, IPV ,MR .Untuk Vaksin BCG dan Campak dilarutkan lebih dulu,Vaksin Polio dipasang pipet. Dosis Pemberian untuk BCG 0,05 cc ,DPT-HB , Campak, IPV 0,5 cc, Polio 2 tetes 12. Membersihkan area kulit yang akan disuntik dengan kapas hangat 13. Memberikan vaksin dengan cara menyuntikkan jarum pada paha luar bayi 1/3 bagian atas secara IM untuk suntikan HB0.DPT-Hb ,IPV ,Untuk Imunisasi MR pada sepertiga lengan kiri atas (tepatnya pada insertio musculus deltoideus)secara Subcutan,imunisasi polio (OPV) diberikan secara oral 14. Lakukan penyuntikan dengan mendorong piston dengan ibu jari dan mencabut jarumnya 15. Mengusap bekas suntikan dengan kapas DTT 16. Memasukkan spuit pada safety box 17. Petugas mencuci tangan 18. Petugas memasukkan hasil imunisasi di buku register dan buku KIA 19. Menyampaikan jadwal imunisasai berikutnya

1. Petugas memanggil pasien

2. Petugas mencocokkan identitas pasien dengan rekam medis

3. Petugas melakukan anamnesis lengkap

4. Petugas melakukan pemeriksaan KU/VS bila perlu Antropometri (BB,PB), bila pasien sehat dilakukan imunisasi namun bila pasien sakit dikonsulkan ke dokter

5. Petugas memberikan resep ke pasien

6. Pasien ke kasir untuk melakukan pembayaran

7. Pasien ke farmasi untuk mengambil obat

Sesuai Perda No 55 tahun 2020 tentang Tarif Layanan Pada

Badan Layanan Umum Daerah UPTD Puskesmas


Pelayanan Imunisasi

Penanganan pengaduan di bagian pelayanan imunisasi

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store