Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

No. SK: 445/05.a/SK/PKM.MSL/I/2024

  1. Pasien telah terdaftar di loket pendaftaran
  2. Tersedianya Rekam Medis pasien

  1. Pasien menunggu di ruang tunggu
  2. Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian
  3. Petugas memastikan identitas pasien berdasarkan rekam medis
  4. Petugas melakukan anamnesis, pengukuran vital sign, pemeriksaan sesuai dengan keluhan pasien
  5. Pemeriksaan odotogram, riwayat penyakit dan kroscek identitas untuk pasien baru, untuk pasien lama dilanjutkan pemeriksaan sesuai keluhan dan Petugas menentukan diagnosa
  6. Petugas melakukan tindakan jika memang diperlukan, atau pemberian resep untuk pasien premedikasi
  7. Petugas memberikan KIE
  8. Pasien mengambil obat dan pulang
  9. Pasien di rujuk jika diperlukan

  1. Anamesis                                         : 3 menit
  2. Pemeriksaan pasien dan vital sign  : 5 menit
  3. Pencabutan gigi susu                      : 5 menit
  4. Pencabutan gigi tetap                      : 15 - 20 menit
  5. Penambalan                                     : 20 - 30 menit
  6. Scaling atas dan bawah                   : 30 menit
  7. KIE                                                   : 2 menit
  8. Rujukan Internal                               : 1 menit
  9. Rujukan Eksternal/RS                      : 15 menit

  1. Pasien Umum : Peraturan Bupati Nomor 68 Tahun 2022 tentang tentang Penyesuaian Tarif Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat dan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Empat Lawang
  2. Pasien JKN : Gratis

1. Konsultasi kesehatan gigi 2. Pemeriksaan kesehatan gigi 3. Tindakan tambal, cabut dan scalling (pembersihan karang gigi) 4. Resep 5. Surat Rujukan

1.     Email : pkmmuarasaling2023@gmail.com
2.    Telepon/SMS/WA :
3.    085267740862 / 082280820371
4.     Media Sosial :
        a.   Instagram  : @uptd_muarasaling
        b.   Facebook   : Puskesmas Muara Saling
5.    Secara langsung : kepada petugas unit pelayanan UPTD                          Puskesmas Muara Saling
6.    Secara tertulis melalui :
        a.   Surat yang ditujukan kepada kepala UPTD Puskesmas                Muara Saling
        b.     Kotak Saran

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut "