Pelayanan Gawat Darurat

No. SK: 445/190/SK/PKM.MSL/I/2022

  1. Kondisi pasien darurat
  2. Membawa Identitas diri (KTP/KK)
  3. Membawa Kartu KIS / JKN

  1. Pasien dan Keluarga datang
  2. Petugas melakukan triase pasien
  3. Keluarga pasien atau penanggung jawab mendaftarkan pasien
  4. Petugas melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik, dan tindakan medis
  5. Petugas memberikan resep obat dan pasien pulang
  6. Apabila diperlukan, petugas merujuk pasien ke fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih tinggi

1.   Anamesis                : 3 Menit

2.   Pemeriksaan Fisik    : 4 Menit

3.   Tindakan medis       : tergantung kasus

4.   Pengambilan Obat    : 5-10 menit

5.   Rujukan Internal      : 1 menit

6.   Rujukan Vertikal      : 15 menit


1.   Pasien Umum : Peraturan Bupati Nomor 20 Tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Bupati Empat Lawang tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan Puskesmas Kabupaten Empat Lawang

2.   Pasien JKN : Sesuai dengan Permenkes No. 52 Tahun 2016 tentang Standar tarif pelayanan kesehatan program JKN


1. Penanganan Kegawatdaruratan 2. Resep 3. Kwitansi tindakan 4. Surat Rujukan 5. Surat Keterangan

1.   Email : puskesmasmuarasaling@yahoo.com

2.   Telepon/SMS/WA :

081278073359/085267740862

3.   Secara tertulis melalui :

a.  Surat yang ditujukan kepada kepala UPTD Puskesmas Muara Saling

b.   Kotak Saran

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Gawat Darurat"