Si Absari (Sistem Informasi Pengambilan Putusan Secara Mandiri)

  1. Membawa KTP asli
  2. Membawa Naskah Putusan Asli

  1. Pihak datang ke Pengadilan Agama Jakarta Barat, kemudian menuju Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu
  2. Menuju anjungan fasilitas Si-Absari dan Gugatan Mandiri
  3. Pihak dapat mengoperasikan secara mandiri dan mencari Nomor Perkara yang dimaksud, kemudian cetak
  4. Menuju loket layanan Produk Pengadilan untuk mendapatkan hitungan biaya PNBP
  5. Menuju loket kasir untuk membayar biaya pengesahan (legalisasi) berupa PNBP sebesar Rp. 10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah).

Dalam waktu kurang lebih 5 (lima) menit, masyarakat dapat melakukan cetak salinan putusan secara mandiri, sehingga setelah melakukan pencetakan dapat langsung dimintakan tanda tangan dan stempel Pengadilan Agama Jakarta Barat kepada petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Biaya akan dihitung berdasarkan jumlah lembar salinan putusan dan ataujumlah legalisasi yang diajukan, dalam hal ini petugas kami pada loket Layanan Produk Pengadilan akan membantu untuk melakukan perhitungan.

Salinan Putusan

Tata cara menyampaikan pengaduan ke Pengadilan Agama Jakarta Barat :

Secara lisan

  1. Melalui telepon (021) 58352092 pada saat jam kerja mulai pukul 08.00 s/d 16.30 WIB;
  2. Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Jakarta Barat pada layanan Meja Pengaduan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (mengisi formulir).

Secara tertulis

  1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui Fax. (021) 58352093, atau melalui pos ke alamat kantor di Jalan Pesanggrahan Raya No. 32, Kel. Kembangan Selatan, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta Kode Pos 11610. Melalui e-mail: info@pa-jakartabarat.go.id;
  2. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan (dapat dikirim melalui POS Indonesia dalam amplop tertutup atau Anda dapat langsung menyampaikan surat pada layanan Meja Pengaduan). 

Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Agama Jakarta Barat

  1. Pengadilan Agama Jakarta Barat akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulias;
  2. Pengadilan Agama Jakarta Barat akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.
  3. Pengadilan Agama Jakarta Barat akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.
  4. Pengadilan Agama Jakarta Barat hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor. 

Jika Anda mengalami keluhan dan pungutan di luar yang telah ditentukan dalam pelayanan yang telah kami berikan, Anda dapat langsung melaporkan melalui fast-line kepada :

  1. Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat 085206194710;
  2. Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta 02186902313;
  3. Ditjen Badan Peradilan Agama MA RI melalui 0812-1921-1266;
  4. Badan Pengawasan MA RI melalui 02125578300 dan atau melalui aplikasi SIWAS pada www.siwas.mahkamahagung.go.id);
  5. KPK melalui 08558575575. 
Anda juga akan mendapatkan Kompensasi Pelayanan pelayanan di luar jam kerja apabila waktu pelayanan kami tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

www.pa-jakartabarat.go.id