Layanan Penyelesaian SK Kenaikan Pangkat PNS

  1. Layanan Pengajuan Kenaikan Pangkat (SK KP) Jabatan Fungsional Tertentu PNS:

    1. Hasil scan SK Pangkat Terakhir (minimal 2 tahun dlm pangkat terakhir).

    2. Hasil scan SKP 2 tahun terakhir, tiap unsurnya minimal bernilai baik.

    3. Hasil scan Asli Penetapan Angka Kredit (PAK) terakhir (penetapan maksimal Januari untuk KP April, maksimal Juli utk KP Okt).

    4. Hasil scan Penetapan PAK sebelumnya.

    5. Hasil scan SK Jabatan Terakhir atau kenaikan jabatan apabila naik jenjang jabatan.

    6. Apabila peningkatan pendidikan dengan biaya sendiri.

    a. Hasil scan Surat Ijin Belajar yang diterbitkan sebelum ybs lulus.

    b. Hasil scan legalisir ijazah terakhir.

    c. Hasil scan legalisir transkip nilai.

    7. Apabila tugas belajar.

    a. Hasil scan SK Tugas Belajar.

    b. Hasil scan SK Pengangkatan kembali sebagai/ dalam JFT/Struktural setelah TB.

    8. Hasil scan Pindah Wilayah Kerja apabila pindah wilayah kerja dari luar Pemda DIY.

  2. Layanan Pengajuan Kenaikan Pangkat Jabatan Struktural PNS:

    1. Hasil scan SK Pangkat Terakhir (minimal 1 tahun apabila jab. Strukt. dibawah jenjang atau 4 tahun untuk yang sudah memenuhi jenjang);

    2. Hasil scan SKP dua tahun terakhir, tiap unsurnya minimal bernilai baik;

    3. Hasil scan SK Jabatan Terakhir (D4);

    4. Hasil scan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT);

    5. Hasil scan Surat Pernyataan Pelantikan (SPP) / BA Pelantikan;

    6. Hasil scan SK Jab. Eselon IV pertama kali, apabila promosi dari eselon IV ke eselon III;

    7. Hasil scan STLUD Tk. II apabila naik ke gol IV/a kecuali berijazah S2/ Memiliki Sertifikat Diklatpim III;

    8. Hasil scan SK Jab. Eselon III pertama kali, apabila promosi dari eselon III ke eselon II;

    9. Hasil scan SK Pindah Wilayah Kerja apabila pindah wilayah kerja dari luar Pemda DIY;

  3. Layanan Pengajuan Kenaikan Pangkat (SK KP) Pilihan Peningkatan Pendidikan/P.Ijasah PNS:

    1. Hasil scan SK Pangkat Terakhir (minimal 1 tahun dalam pangkat ttt).

    2. Hasil scan SKP dua tahun terakhir, tiap unsurnya minimal bernilai baik.

    3. Hasil scan SK Jabatan Terakhir (D4).

    4. Hasil scan Ijazah Terakhir (mulai tahun 2013 Akreditasi minimal B).

    5. Hasil scan transkip nilai terakhir.

    6. Hasil scan Surat Tugas Belajar/Izin Belajar yang diterbitkan sebelum ybs lulus.

    7. Hasil scan Surat Tanda Lulus Ujian PI.

    8. Hasil scan Uraian Tugas yang ditandatangani oleh Pejabat Es II.

    9. Fotokopi legalisir SK Pindah Wilayah Kerja apabila pindah wilayah kerja dari luar Pemda DIY.

  4. Layanan Pengajuan Kenaikan Pangkat Reguler PNS:

    1. Hasil scan SK Pangkat Terakhir (minimal 4 tahun dlm pangkat terakhir) / FC legalisir SK CPNS dan SK PNS untuk Kenaikan Pangkat Pertama Kali.

    2. Hasil scan SKP dua tahun terakhir, tiap unsurnya minimal bernilai baik.

    3. Hasil scan SK Jabatan Terakhir (D4).

    4. Hasil scan Surat Tanda Lulus Ujian Dinas Tk.I bagi yang naik ke gol III/a kecuali berijazah S1.

    5. Hasil scan ijazah S2 dan Transkrip Nilai untuk KP yang naik ke gol IV/a.

    6. Apabila peningkatan pendidikan dengan biaya sendiri.

    a. Hasil scan Surat Ijin Belajar yang diterbitkan sebelum ybs lulus.

    b. Hasil scan ijazah terakhir.

    c. Hasil scan transkip nilai terakhir.

    7. Apabila tugas belajar.

    a. Hasil scan SK Tugas Belajar.

    b. Hasil scan SK Pengaktifan kembali PNS setelah TB.

    c. Hasil scan SK Pengangkatan kembali sebagai/ dalam JFT/Struktural setelah TB.

    d. Hasil scan ijazah terakhir.

    e. Hasil scan transkip nilai terakhir.

    8. Hasil scan ijazah terakhir bagi KP Puncak.

    9. Hasil scan SK Pindah Wilayah Kerja, apabila pindah wilayah kerja dari luar Pemda DIY.

  1. Kenaikan Pangkat Gol IV/b ke Bawah

    1. Instansi menyampaikan usul Kenaikan Pangkat (KP) beserta persyaratan melalui Sistem Aplus Kinangkat SIMPEG.

    2. Meneliti kelengkapan persyaratan usul kenaikan pangkat.

    3. Input Data PNS yang diusulkan kenaikan pangkat SIASN (Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara).

    4. Pengusulan KP dan kelengkapannya ke Kanreg I BKN.

    5. Penerimaan Nota Persetujuan Teknis Kanreg I BKN.

    6. Penyusunan Rencana SK KP Kolektif.

    7. Penandatanganan dan Penetapan SK KP Kolektif.

    8. Pembuatan Petikan SK KP.

    9. Penandatanganan Petikan SK KP.

    10. Penyerahan SK KP dan Petikannya.

  2. Kenaikan Pangkat Gol IV/c ke atas

    1. Instansi menyampaikan usul Kenaikan Pangkat (KP) beserta persyaratan melalui Sistem Aplus Kinangkat SIMPEG.

    2. Meneliti kelengkapan persyaratan usul kenaikan pangkat.

    3. Input Data PNS yang diusulkan kenaikan pangkat dalam SAPK (Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian).

    4. Mencetak Surat Pengantar KP kolektif dan Nota Usul per PNS.

    5. Penandatanganan surat pengantar usul kenaikan pangkat dan nota usul KP per PNS.

    6. Pengusulan KP dan kelengkapannya ke BKN untuk golongan IV/c ke IV/d, ke Kementerian Sekretariat Negara untuk golongan IV/d ke IV/e.

    7. Penerimaan SK KP dari BKN dan Kementerian Sekretariat Negara.

    8. Penyerahan SK KP.

Permohonan SK Kenaikan Pangkat dari diterimanya usul secara lengkap sampai diterbitkannya petikan SK diselesaikan dalam jangka waktu 3 bulan.  

Tidak dipungut biaya

SK Kenaikan Pangkat


a.    Datang langsung ke Kantor Badan Kepegawaian Daerah DIY yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman Nomor 5 Yogyakarta

b.   Email : bkd@joqjaprov.go.id

d.    Aplikasi : E-lapor.jogjaprov.go.id

e.    Website: http://bkd.jogjaprov.go.id

f. Telepon dan fax : (0274) 562150


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Layanan Penyelesaian SK Kenaikan Pangkat PNS"