Klinik Sanitasi

  1. Membawa kartu berobat (pasien/klien)
  2. Membawa kartu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) bagi yang memiliki (pasien/klien)

  1. Pasien / Klien mendaftar di Ruang Pendaftaran
  2. Pasien diarahkan menuju Poli Umum sedangkan klien langsung diarahkan petugas pendaftaran menuju Ruang Kesling
  3. Pasien dirujuk oleh dokter (Poli Umum) menuju Ruang Kesling untuk diberikan konseling
  4. Petugas menerima status rawat jalan dari Ruang Poli Umum
  5. Petugas mempelajari diagnose dari status rawat jalan
  6. Petugas menyalin dan mencatat nama penderita/keluarganya, serta didiagnosa penyakitnya kedalam buku register
  7. Petugas melakukan wawancara/konseling dengan penderita/keluarga penderita tentang kejadian penyakit, keadaan lingkungan, dan perilaku yang diduga berkaitan dengan kejadian penyakit
  8. Petugas menyimpulkan permasalahan lingkungan atau perilaku yang berkaitan dengan penyakit yang diderita
  9. Petugas memberikan saran tindak lanjut sesuai permasalahan, bila diperlukan membuat kesepakatan dengan penderita / keluarga penderita tentang jadwal kunjungan rumah

±30 detik petugas mempelajari diagnosa

±30 detik petugas menyalin biodata pasien

±4 Menit wawancara dan tanya jawab

±2 Menit menyimpulkan permasalahan

±3 Menit petugas memberikan saran


Gratis termasuk pemberian obat air.

Pelayanan Kesling

- Kotak Saran

- Kotak Kepuasan

- email: puskesmasribang123@gmail.com


Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store