Izin Operasional Puskesmas

  1. Mengisi Formulir permohonan
  2. Fotocopy sertifikat tanah kepemilikan tanah yang sah
  3. Fotocopy IMB
  4. Dokumen SPPL dan UKL-UPL
  5. Surat keputusan dari bupati terkait kategori puskesmas
  6. Studi kelayakan puskesmas yang baru di dirikan atau di kembangkan
  7. Profil puskesmas
  8. Rekomendasi dari dinas yang membidangi kesehatan atau tim teknis
  9. Fotocopy tanda lunas PBB
  10. Foto 4x6 3 lembar

  1. Loket Informasi
  2. Loket Pendaftaran
  3. Ruang Pemrosesan
  4. PD Teknis (jika diperlukan pemeriksaan lapangan)
  5. Loket Pembayaran (bila ada retribusi)
  6. Loket Pengambilan




Menerima dan meneliti berkas permohonan perizinan dan non perizinan

Memastikan kelengkapan dan keabsahan berkas permohonan

Mengembalikan berkas permohonan kepada pemohon apabila berkas dinyatakan tidak lengkap dan/atau tidak sah untuk dilengkapi

memproses lebih lanjut permohonan yang telah memenuhi kelengkapan dan keabsahan persayaratan 

melakukan pemeriksaan teknis lebih lanjut sesuai dengan ketentuan

Penyerahan dokumen izin dan non izin kepada pemohon yang telah ditandatangani oleh pejabat yeng berwenang kepada pemohon dilakukan oleh petugas pelayanan perizinan dan non perizinan pada DPMPTSP








Tidak dipungut biaya

Bidang Kesehatan




1. Melalui Kotak Saran

2. Melalui SMS Pengaduan Online Email : Pengaduan.palikab.edata.id

3. Melalui WA 0812-7232-0127

4. Dibentuk Tim / petugas Khusus Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan

5. Melalui Website Kantor : http://dpmptsp.palikab.go.id









Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Link Ke Layanan Online
Klik untuk menuju ke Layanan Online

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Izin Operasional Puskesmas"