Pemasangan Kateter Urine

  1. FC KTP
  2. FC KK
  3. FC BPJS

  1. 1. Pelanggan mendaftarkan diri
  2. 2. Petugas mengarahkan pelanggan ke ruang Tindakan
  3. 3. Petugas memastikan kebenaran data pelanggan dengan memanggil 2 identitas
  4. 4. Petugas melakukan anamnesa pelanggan
  5. 5. Petugas melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital
  6. 6. Petugas menjelaskan tujuan dan prosedur pelaksanaan
  7. 7. Petugas menanyakan persetujuan/kesiapan pelanggan dan menandatangani formulir persetujuan tindakan
  8. 8. Petugas mempersiapkan alat dan tempat
  9. 9. Petugas membantu mengatur posisi pasien dengan lutut ditekuk, paha fleksi, kaki diletakkan ditempat tidur
  10. 10. Petugas meletakkan nierbeken diantara kedua kaki pasien
  11. 11. Petugas memegang glans penis atau membuka labia minora kemudian melakukan desinfektan Penis/labia minora sekitar meatus uretra
  12. 12. Petugas mengolesi ujung kateter dengan jelly ( minta tolong asisten)
  13. 13. Petugas memasukkan kateter yang sudah diberi jelly kurang lebih 6-10 cm pada laki-laki dan 3-5 cm pada perempuan ke dalam lubang uretra
  14. 14. Petugas memastikan urine keluar lalu menyambungkan pada urine bag
  15. 15. Petugas melakukan Fiksasi dengan cara memberikan injeksi air aquades ke dalam folley kateter untuk mengembangkan balon kateter,supaya kateter tidak mudah terlepas (pemberian aquades sesuai aturan)
  16. 16. Petugas menarik dengan perlahan-lahan folley kateter untuk memastikan apakah kateter telah terfiksasi dengan aman
  17. 17. Petugas memfiksasi selang kateter dengan plester dengan plester dan letakkan selang kateter pada paha pasien
  18. 18. Petugas mengarahkan pelanggan ke Apotek dan ke Kasir untuk melakukan pembayaran bila pelanggan Umum

Waktu tanggap pelayanan UGD kurang dari 5 menit

  • Pelayanan ini tidak berbiaya bagi Peserta BPJS
  • Bagi Pelanggan umum di kenakan biaya Rp. 45.000 berdasarkan perda Kutai Barat No. 11 Tahun 2012 tentang retribusi daerah

Pemasangan Kateter Urine

  • Kotak Saran
  • Meja Pengaduan di Puskesmas
  • Tlpn, SMS, WA : HP 081213077838
  • Email : puskesmas.barongtongkok@yahoo.com
  • FB : Puskesmas Barong Tongkok
  • Ket 
  1. Seluruh pengaduan masyarakat akan di catat dalam buku pengaduan masyarakat
  2. Seluruh pengaduan masyarakat akan langsung di proses bila di sertai dengan nama identitas lengkap dalam waktu 24 jam oleh petugas
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

081213077838

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pemasangan Kateter Urine"