Pelayanan TB

  1. Umum: Membawa kartu identitas dan membawa kartu berobat puskesmas
  2. BPJS/KIS :Membawa kartu identitas, membawa kartu berobat dan BPJS/KIS

  1. 1. Pasien mendaftar diloket pendaftaran
  2. 2. Pada masa Pandemi Covid-19 Pelayanan, pengobatan dan pemantauan pengobatan pasien TB tetap dilaksanakan, baik melalui kunjungan Faskes terjadwal, atau kunjungan rumah melalui perjanjian sebelumnya . selalu menerapkan protiokol kesehatan
  3. 3. Petugas TB menerima pasien yang sudah terdiagnosa TB, baik dari poli puskesmas sendiri maupun dari rujukan faskes lain
  4. 4. Petugas menyerahkan masker pada penderita TB untuk segera dipasang
  5. 5. Petugas memeriksa kelengkapan data pasien dan data pemeriksaan
  6. 6. Petugas melakukan penyuluhan kepada pasien dan keluarga
  7. 7. Petugas merujuk ke laboratorium puskesmas untuk diperiksa HIV dan gula darah
  8. 8. Petugas menerima hasil pemeriksaan dari laboratorium
  9. 9. Petugas memberikan konseling tentang hasil laboraboratorium
  10. 10. Petugas memeriksa tekanan darah pasien, menimbang berat badan
  11. 11. Petugas menentukan dosis obat TB sesuai dengan berat badan pasien
  12. 12. Petugas memberikan obat TB sesuai dosis pada pasien
  13. 13. Petugas melakukan komunikasi dengan keluarga dan menentukan pengawas menelan obat dengan persetujuan pasien
  14. 14. Petugas mengisi kartu TB penderita ( TB 01 )
  15. 15. Petugas membuat jadwal perjanjian pengambilan obat TB di kartu TB 02
  16. 16. Petugas menyampaikan jadwal pengambilan obat ke pasien dan memberikan arahan agar patuh minum obat untuk mempercepat kesembuhan
  17. 17. Petugas hanya memberikan obat kepada pasien atau kepada keluarga yang ditunjuk
  18. 18. Petugas memberikan obat selama 1 minggu untuk dibawah pulang
  19. 19. Petugas menentukan kontrol selanjutnya 2 minggu sekali
  20. 20. Petugas melakukan monitoring untuk memantau kepatuhan pasien dalam pengambilan obat
  21. 21. Petugas melakukan kunjungan rumah untuk pasien yang tidak patuh dalam pengambilan obat selama 7 hari
  22. 22. Petugas menetapkan jadwal pemeriksaan dahak ulang dan di informasikan ke pasien
  23. 23. Petugas memberikan surat pengantar periksa ke labolatorium (TB 05)
  24. 24. Petugas membuat laporan kepatuhan pengambilan obat ke fungsi terkait Petugas memelihara semua catatan terkait dengan pasien TB termasuk kedisiplinan dan tingkat kesembuhan.

  1. Pasien mendaftar diloket pendaftaran 5 menit
  2. Petugas memeriksa kelengkapan data pasien dan data pemeriksaan 5 menit
  3. Petugas melakukan penyuluhan kepada pasien dan keluarga 5 menit
  4. Petugas merujuk ke laboratorium puskesmas untuk diperiksa HIV dan gula darah 10 menit
  5. Petugas memberikan konseling tentang hasil laboraboratorium dan tentang cara meminum obat 5 menit

Tidak dipungut biaya

Pelayanan TB

1. Kotak Saran

2. Kontak Pengaduan : 081347068252

3. Email : pkmkambatutara@gmail.com

4. Facebook : Puskesmas Kambat Utara

5. Instgram : @pkmkambatutara

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan TB"