Pelayanan Antenatal care

  1. membawa KTP
  2. membawa kartu KK
  3. membawa buku KIA
  4. membawa kartu KIS

  1. 1. Menerima kunjungan ibu hamil di ruang KIA setelah mendaftar di loket pendaftaran. 2. Melakukan anamnesa: a. Menanyakan identitas. b. Menanyakan keluhan dan riwayat keluhan. c. Menanyakan riwayat menstruasi. d. Menanyakan riwayat kehamilan yang sekarang dan yang lalu. e. Menanyakan riwayat persalinan yang lalu dan pemakaian alat kontrasepsi. f. Menanyakan riwayat penyakit yang diderita dan riwayat penyakit keluarga. g. Menanyakan riwayat bio-psikososial. 3. Mencuci tangan. 4. Melakukan pemeriksaan: a. Melakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan. b. Mengukur tekanan darah. c. Tentukan nilai status gizi ibu hamil dengan mengukur lingkar lengan atas menggunakan pita LiLA. d. Melakukan pemeriksaan fisik head to toe. e. Mengukur tinggi fundus uteri dengan pemeriksaan leopold. f. Tentukan presentasi janin dan denyut jantung janin (DJJ). 5. Melakukan skrining status imunisasi Tetanus dan berikan imunisasi Tetanus Toksoid (TT) bila diperlukan. 6. Mencuci tangan. 7. Melakukan tes laboratorium rutin dan khusus yang diperlukan (PPIA, Hb, golongan darah, urine protein, urine glukosa, PP Test) berkolaborasi dengan laboratorium. 8. Melakukan tatalaksana kasus sesuai indikasi bila diperlukan, seperti melakukan konsultasi ke Poli Gigi, Poli Umum, Gizi ataupun pelaksanaan rujukan. 9. Melakukan temu wicara (konseling), termasuk perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K) serta KB pasca persalinan. 10. Menulis resep (pemberian tablet Fe, kalsium laktat, vitamin). 11. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang dilakukan. 12. Mendokumentasikan hasil pemeriksaan.

Rincian waktu yang diperlukan

anamnesis : 3 menit

pemeriksaan Vital sign, leopod : 8 menit

pemeriksaan laboratorium : 30 menit

pemberian KIE : 4

tarif pelayanan ANC tergantung jenis layanan ANC yang diberikan setiap kunjungan

apabila pada kunjungan pasien tidak dilakukan pemeriksaan laboratorim maka tarif yang diberikan yaitu 8000, sedangkan apabila diperlukan pemeriksaan laboratorium maka ditambah biaya 30.000 untuk lebih dari 1 jenis pemeriksaan laboratorium.

 

apabila pasien KIS tidak dikenakan biaya sama sekali

Kesehatan Ibu

keluhan pasien dilakukan dengan menghubungi nomer telp puskesmas yang ditanggapi oleh tim penanganan keluhan dan kepuasan pelanggan

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

tidak ada

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik " Pelayanan Antenatal care "