Pelayanan Pelepasan KB Implan

  1. 1. Membawa identitas untuk mendaftarkan diri

  1. Petugas memanggil pasien dan mempersilahkan duduk
  2. Petugas reidentifikasi pasien dan melakukan anamnesa
  3. Petugas menjelaskan prosedur pelepasan Implant dan membuat Informed concent
  4. Petugas mempersilahkan pasien untuk mencuci lengan
  5. Petugas melakukan pemeriksaan fisik
  6. Petugas mempersilahkan pasien berbaring dengan lengan yang terpasang kapsul pada bed periksa sesuai dengan posisi yang memudahkan petugas
  7. Petugas menyiapkan alat dan bahan, mencuci tangan dan memakai APD
  8. Petugas melakukan pencabutan Implan : 1. Usap tempat pencabutan dengan kassa berantiseptik menggunakan klem dengan gerakan melingkar keluar. 2. Bila ada gunakan kain doek untuk menutupi lengan. 3. Raba seluruh kapsul untuk menentukan lokasinya. 4. Isi alat suntik 3 ml dengan obat anestesi. 5. Masukkan jarum tepat di bawah kulit pada tempat insisi kemudian lakukan aspirasi untuk memastikan jarum tidak masuk ke dalam pembuluh darah. Suntikkan sedikit obat anestesi untuk membentuk gelembung kecil di bawah kulit, kemudian tanpa memindahkan jarum, masukkan ke bawah kulit sekitar 4cm. Kemudian tarik jarum pelan pelan sehingga membentuk jalur sambil menyuntikkan obat anestesi sebanyak 1ml diantara tempat untuk memasang kapsul.6. Melakukan pencabutan kapsul dengan Teknik ”U” 7. Sebelum mengakhiri tindakan, hitung untuk memastikan jumlah kapsul yang sudah dicabut. Tunjukkan kapsul yang telah tercabut pada klien.
  9. Gunakan klem untuk memegang kedua tepi luka insisi selama 10 sampai 15 detik untuk mengurangi perdarahan dari luka insisi
  10. Lanjutkan dengan membalut luka insisi dekatkan kedua tepi luka insisi kemudian tutup dengan band aid atau kassa steril atau plester
  11. Membereskan alat, melepas APD dan mencuci tangan
  12. Konseling pasca pelepasan Implant dan jadwal kontrol ulang serta melakukan dokumentasi

Rata-rata waktu penyelesaian adalah 30 menit

Biaya pelayanan adalah Rp 100.000,-

Pelayanan Pelepasan KB Implan

-   Kotak Saran

-  SMS center / Whatsapp (085 950 252 732) /

Telephone ( 0271 ) 742064

-  Facebook : Puskesmas Colomadu II

-  Instagram : @puskesmascolomadu2

-  Blog Web : http://www.puskesmascolomadu2.karanganyarkab.go.id

-  Pengaduan langsung ke petugas pengelola aduan Puskesmas Colomadu II yang ditunjuk (Nanik Widyawati)

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store