Pelayanan KB

  1. 1. Kartu identitas : KTP, SIM, KK atau kartu pelajar (pasien baru)
  2. 2. Kartu Pendaftaran Pasien (pasien lama)
  3. 3. Kartu Jaminan Kesehatan (bagi yang memiliki)

  1. 1. Petugas memberikan salam kepada pasien dengan ramah dan sopan
  2. 2. Petugas menanyakan tujuan kedatangan pasien
  3. 3. Petugas menjelaskan apa yang bisa diperoleh dari kunjungan pasien
  4. 4. Petugas memberikan jaminan akan kerahasiaan yang diperlukan pasien
  5. 5. Petugas menanyakan pada pasien informasi tentang dirinya
  6. 6. Petugas membantu pasien untuk berbicara mengenai pengalaman keluarga berencana, keadaan kesehatan, dan kehidupan keluarganya.
  7. 7. Petugas menanyakan kepada pasien tentang masalah reproduksi : berapa anak yang diharapkan, tujuan KB menunda kelahiran, berapa lama jarak masing-masing anak yang diharapkan.
  8. 8. Petugas menanyakan pandangan dari agama yang dianutnya yang dapat mendukung atau menolak salah satu dari metode kontrasepsi yang tersedia
  9. 9. Petugas memberikan informasi umum tentang jenis kontrasepsi yang tersedia, termasuk indikas dan kontra indikasi masing-masing metode kontrasepsi.
  10. 10. Petugas mendiskusikan kebutuhan, pertimbangan dan kekhawatiran pasien dengan sikap yang simpati
  11. 11. Petugas mempersilahkan pasien untuk memilih metode yang tepat
  12. 12. Petugas menjajaki apa alasan pasien memilih alat/ metode kontrasepsi tersebut.
  13. 13. Petugas menjajaki apakah pasien sudah mengetahui/ memahami alat/ metode kontrasepsi yang dipilihnya secara jelas
  14. 14. Petugas menjajaki apakah pasien sudah mengetahui jenis alat/ metode kontrasepsi yang lain.
  15. 15. Bila belum mengetahui, petugas memberikan informasi mengenai berbagai aspek dari metode kontrasepsi yang lain.
  16. 16. Bila sudah mengetahui, petugas memberikan kesempatan kepada pasien untuk mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan metode kontrasepsi yang akan dipakainya.
  17. 17. Petugas memberikan informasi kepada pasien, bahwa apapun pilihan metode kontrasepsi yang dipilih pasien, sebelum pemakaian pasien akan diperiksa terlebih dahulu kesehatannya, karena belum tentu alat/ metode kontrasepsi yang dipilihnya akan sesuai dengan kondisi medis pasien tersebut.
  18. 18. Petugas memberikan penjelasan kapan jadwal kunjungan ulang pasien.
  19. 19. Petugas mencatat kegiatan konseling

10 Menit

Bagi pasien pemegang jaminan kesehatan, biaya  ditanggung penjamin (kecuali retribusi untuk pelayanan KIR dokter, tes buta warna, tes laboratorium tertentu dan capeng)

Konseling KB, Suntik KB,PIL KB, Kondom, Implan

  1. Sms/ WA : 0858 8852 5358
  2. Telepon : (0285) 381706
  3. Email : puskesmaskajen1@gmail.com
  4. Kotak saran
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan KB"