Pelayanan Informasi Bencana

  1. Informasi yang dimuat terkait kebencanaan, baik saat siaga atau non siaga, pra bencana, saat bencana dan pasca bencana

  1. Relawan melaporkan hasil roll call dari masing-masing wilayah di Kabupaten Sidoarjo kepada Operator
  2. Operator membuat laporan mengenai hasil roll call dan menyebarkannya
  3. Operator membuat laporan pasang surut air laut dari BMKG setiap hari dan menyebarkannya
  4. Operator mengecek dan melaporkan pantauan citra radar BMKG Juanda secara berkala
  5. Operator update informasi prakiraan cuaca harian dari BMKG sebagai langkah awal untuk siap siaga bencana
  6. Operator membuat laporan periodik setiap pergantian shift mengenai info kegiatan dan kejadian bencana
  7. Operator melaporkan info kegiatan dan kejadian bencana kepada pihak terkait secara berkala
  8. Operator upload info kegiatan yang dilakukan dan kejadian bencana ke website dan media sosial BPBD Kabupaten Sidoarjo
  9. Jika diperlukan penanganan lebih lanjut dengan pihak lain mengenai kegiatan dan penanganan kejadian bencana maka PUSDATIN menghubungi pihak terkait untuk melakukan koordinasi dan membuat surat mengenai perihal tersebut
  10. Setiap kejadian bencana dibuatkan surat kepada Sekretaris Daerah sebagai informasi jika telah terjadi bencana dan hal-hal apa saja yang telah dilakukan untuk penanganan bencana tersebut
  11. PUSDATIN membuat poster (himbauan, edukasi, peringatan hari besar, dll), leaflat, buku saku, banner, dll
  12. PUSDATIN upload poster di media sosial, mencetak poster, leaflat, buku saku, banner, dll untuk dibagikan kepada masyarakat
  13. PUSDATIN membuat laporan dan analisa bulanan serta buletin 3 bulanan untuk kegiatan yang telah dilakukan BPBD Kabupaten Sidoarjo dan kejadian bencana yang terjadi di Kabupaten Sidoarjo
  14. Hasil laporan dan analisis bulanan serta buletin 3 bulanan yang telah selesai akan diupload di website BPBD Kabupaten Sidoarjo

  • Informasi siaga bencana         :

         5 menit setelah menerima informasi dari BMKG

  • Informasi BNPB                    :

         5 menit setelah menerima informasi dari BNPB

  • Informasi Kegiatan BPBD :

         5 menit setelah menerima informasi dari relawan atau BPBD

  • Kejadian Bencana                 :

         15 menit setelah mendapat laporan dari warga langsung ke tempat  kejadian bencana.

Gratis

Pelayanan Informasi Bencana

Alamat kantor : Jl. Sultan Agung Nomor 19 Sidoarjo

Telepon           : (031) 8953200, Fax (031) 8075134

Website            :  http://bpbd.sidoarjokab.go.id/

Aplikasi          :   Download aplikasi SIGAP di Play Store

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Download aplikasi SIGAP di Play Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Informasi Bencana "