Penjualan Barang Milik Daerah Pada Pengelola Barang

  1. Surat Permohonan dan dokumen perencanaan

  1. Mengajukan surat Permohonan Penjualan Barang Milik Daerah kepada Pengelola Barang
  2. Tim Aset Membuat Perencanan Penjualan Barang Milik Daerah dan menyampaikan permohonan Penjualan Barang Milik Daerah kepada Walikota
  3. Bidang Aset Membentuk Tim Pemindahtangan dan memerintahkan Tim untuk melakukan penelitian secara fisik dan administrasi terhadap usulan penjualan Barang Milik Daerah
  4. Tim Aset Melakukan Penelitian secara fisik dan administrasi terhadap usulan penjualan Barang Milik Daerah dan membuat berita acara hasil penelitian kemudian menyampaikannya kepada Walikota melalui Pengelola Barang
  5. Kabid Aset Memerintahkan Penilai untuk melakukan penilaian terhadap usulan penjualan Barang Milik Daerah untuk mendapatkan nilai wajar
  6. Melakukan penilaian terhadap usulan penjualan Barang Milik Daerah dan membuat laporan hasil penilaian kemudian menyampaikannya kepada Pengelola Barang
  7. Mengajukan surat Permohonan Penjualan Barang Milik Daerah kepada Walikota dengan melampirkan Berita Acara Penelitian dan Laporan Penilaian atas Barang Milik Daerah
  8. Menelaah surat Permohonan Penjualan Barang Milik Daerah. Jika tidak disetujui maka membuat surat penolakan dan menyampaikannya kepada Pengelola Barang untuk disampaikan kepada Pemohon. Jika menyetujui maka menerbitkan surat persetujuan dan memerintahkan pengurus barang pengelola melalui Pengelola Barang dan Pejabat Penatausahaan untuk menyiapkan Draft SK Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah
  9. Memerintahkan Pembantu Pengurus Barang Pengelola untuk mengecek kelengkapan dokumen dan juga menyiapkan Draf Surat Keputusan Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah
  10. Memeriksa kelengkapan dokumen dan membuat Draf Surat Keputusan Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah dan menyampaikan kepada Pengurus Barang Pengelola
  11. Kabid Aset Memeriksa dan Memaraf Draf Surat Keputusan Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah serta kemudian menyampaikannya kepada Pejabat Penatausaan Barang
  12. Kabid Aset Memaraf Draf Surat Keputusan Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah serta kemudian menyampaikannya kepada Walikota
  13. Kabid Aset Memaraf Draf Surat Keputusan Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah serta kemudian menyampaikannya kepada Walikota
  14. KepaLa BPKK Menandatangani Surat Keputusan Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah serta kemudian memerintahkan Pengelola Barang untuk melakukan penjualan barang milik daerah
  15. Melakukan Penjualan Barang Milik Daerah dan melakukan serah terima barang berdasarkan Risalah Lelang (Apabila penjualan dilaksanakan melalui lelang maka mengajukan permintaan penjualan barang ke KPKNL) atau akta jual beli (apabila penjualan barang milik daerah tanpa melalui lelang) serta menyerahkan dokumen penjualan kepada pengurus barang pengelola melalui Pejabat Penatausahaan dengan melampirkan bukti Penyetoran ke Kas Daerah
  16. Mengarsipkan dokumen penjualan barang milik daerah dan menyiapkan bahan-bahan untuk usulan penghapusan barang milik daerah sebagai tindak lanjut dari proses penjualan barang milik daerah

1. Mengajukan surat Permohonan Penjualan Barang Milik Daerah kepada Pengelola Barang (15 Menit)

2. Membuat Perencanan Penjualan Barang Milik Daerah dan menyampaikan permohonan Penjualan Barang Milik Daerah kepada Walikota  (8 Jam)

3. Membentuk Tim Pemindahtangan dan memerintahkan Tim untuk melakukan penelitian secara fisik dan administrasi terhadap usulan penjualan Barang Milik Daerah (2 Hari)

4. Melakukan Penelitian secara fisik dan administrasi terhadap usulan penjualan Barang Milik Daerah dan membuat berita acara hasil penelitian kemudian menyampaikannya kepada Walikota melalui Pengelola Barang (8 Jam)

5. Memerintahkan Penilai untuk melakukan penilaian terhadap usulan penjualan Barang Milik Daerah untuk mendapatkan nilai wajar (8 Jam)

6. Melakukan penilaian terhadap  usulan penjualan Barang Milik Daerah dan membuat laporan hasil penilaian kemudian menyampaikannya kepada Pengelola Barang (3 Hari)

7. Mengajukan surat Permohonan Penjualan Barang Milik Daerah kepada Walikota dengan melampirkan Berita Acara Penelitian  dan Laporan Penilaian atas Barang Milik Daerah (20 Menit)

8. Menelaah surat Permohonan Penjualan Barang Milik Daerah. Jika tidak disetujui maka membuat surat penolakan dan menyampaikannya kepada Pengelola Barang untuk disampaikan kepada Pemohon. Jika menyetujui maka menerbitkan surat persetujuan dan memerintahkan pengurus barang pengelola melalui Pengelola Barang dan Pejabat Penatausahaan untuk menyiapkan Draft SK Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah (10 Menit)

9. Memerintahkan Pembantu Pengurus Barang Pengelola untuk mengecek kelengkapan dokumen dan juga menyiapkan Draf Surat Keputusan Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah (20 Menit)

10. Memeriksa kelengkapan dokumen dan membuat Draf Surat Keputusan Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah dan menyampaikan kepada Pengurus Barang Pengelola (2 Hari)

11. Memeriksa dan Memaraf Draf Surat Keputusan Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah serta kemudian menyampaikannya kepada Pejabat Penatausaan Barang (20 Menit)

12. Memaraf Draf Surat Keputusan Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah serta kemudian menyampaikannya kepada Walikota  (20 Menit)

13. Memaraf Draf Surat Keputusan Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah serta kemudian menyampaikannya kepada Walikota (30 Menit)

14. Menandatangani Surat Keputusan Penetapan Penjualan Barang Milik Daerah serta kemudian memerintahkan Pengelola Barang untuk melakukan penjualan barang milik daerah (30 Menit)

15. Melakukan Penjualan Barang Milik Daerah dan melakukan serah terima barang berdasarkan Risalah Lelang  (Apabila penjualan dilaksanakan melalui lelang maka mengajukan permintaan penjualan barang ke KPKNL) atau akta jual beli (apabila penjualan barang milik daerah tanpa melalui lelang) serta menyerahkan dokumen penjualan kepada pengurus barang pengelola melalui Pejabat Penatausahaan dengan melampirkan bukti Penyetoran ke Kas Daerah. (2 Hari)

16. Mengarsipkan dokumen penjualan barang milik daerah dan menyiapkan bahan-bahan untuk usulan penghapusan barang milik daerah sebagai tindak lanjut dari proses penjualan barang milik daerah (20 Menit)

Tidak dipungut biaya

Dokumen Usulan Penghapusan BMD

Melakukan Penelitian secara fisik dan administrasi terhadap usulan penjualan Barang Milik Daerah dan membuat berita acara hasil penelitian kemudian menyampaikannya kepada Walikota melalui Pengelola Barang

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Penjualan Barang Milik Daerah Pada Pengelola Barang"