Pelayanan konseling gizi dan sanitasi lingkungan

No. SK: NOMOR :445/PKM-U/SK/KMP/1/2023/09

  1. Membawa fotocopy KK dan KTP
  2. Membawa kartu berobat
  3. Membawa kartu jaminan kesehatan

  1. Konseling Gizi : a. Dokter -. Petugas sudah memakai APD -. Petugas memastikan pasien di dalam ruangan sudah mengenakan masker -. Petugas memeriksa dan mendiagnosa penyakit pasien. -. Petugas mencatat jenis diet pasien pada form permintaan konsultasi gizi. -. Petugas menyampaikan pada perawat / asisten untuk menghubungi ahli gizi untuk melakukan konsultasi gizi. b. Perawat/Asisten Menghubungi ahli gizi untuk melakukan konsultasi gizi melalui telepon. c. Petugas Pendaftaran Mendaftarkan pasien untuk poli konsultasi gizi. d. Ahli Gizi -. Petugas sudah memakai masker -. Petugas memastikan pasien di dalam ruangan sudah mengenakan masker -. Mencatat data subyektif, obyektif dan diagnosa penyakit. -. Me-recall asupan gizi pasien dalam satu hari meliputi kebiasaan makan, minum, riwayat alergi terhadap makanan dan aktivitas pasien. -. Menterjemahkan permintaan diet pasien dari dokter dalam bentuk makanan (porsi). -. Membimbing pasien dalam merubah pola makan sesuai dengan diet yang dijalani. -. Memberikan motivasi pada pasien untuk mematuhi diet yang telah ditentukan dengan menggunakan petunjuk pada leaflet dan daftar bahan makanan penukar yang diberikan. -. Menyarankan pada pasien agar selalu berkonsultasi secara rutin untuk mengetahui perkembangan kondisi kesehatan dan perubahan / penyesuaian diet yang diperlukan. -. Mencatat data pasien pada buku register dan lembar jawaban konsultasi gizi
  2. Konseling Kesling/Sanitasi : -. Petugas sudah memakai APD (Masker, sarung tangan skort) -. Memanggil pasien sesuai nomor urut. -. Menjaga jarak antara pasien dan petugas. -. Semua pasien yang berkunjung ke Puskesmas mendaftar di bagian loket. -. Sedangkan untuk pengunjung masyarakat umum/ klien berkonsultasi dapat secara langsung mendatangi petugas klinik sanitasi. -. Jika didapatkan pasien PBL maka petugas medis/ para medis di ruang poli merujuk ke klinik sanitasi. -. Petugas mewawancara dan memberikan konseling untuk mengetahui dan membantu menemukan permasalahan lingkungan dan perilaku yang diduga berkaitan erat dengan kejadian penyakit atau masalah yang dialami klien. -. Membuat kesepatan dengan pasien/ klien untuk dilakukan kunjungan rumah / lingkungan. -. Setelah itu pasien pergi mengambil obat di ruang farmasi. -. Pasien Pulang

Waktunya bervariasi tergantung kondisi pasien

Disesuaikan dengan perbub jika tidak mempunyai jaminan kesehatan

Layanan Konseling (Gizi, Kesling/sanitasi)

call center 082310700075

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store