Pelayanan Tera dan Tera Ulang di Tempat UTTP Terpakai, Terpasang Tetap, Gudang Importir, Pabrik, atau Laboratorium Lain

  1. Surat Permohonan
  2. Data dan Spesifikasi UTTP

  1. Wajib TTU mengajukan permohonan tera/tera ulang (TTU) ke kantor Unit Metrologi Legal (UML); Pelaksana Administrasi menerima permohonan dan memeriksa ruang lingkup pelayanan UML. Jika masuk dalam ruang lingkup maka meregister permohonan, menyusun jadwal dan SPT. Jika tidak masuk dalam ruang lingkup maka permohonan ditolak, dicatat dalam formulir kaji ulang dan selanjutnya diteruskan untuk dilakukan TTU ke UPT/UML terdekat yang memiliki ruang lingkup; Kepala UML menerbitkan SPT; Penera melakukan pengujian TTU, mengisi cerapan TTU. Jika sesuai persyaratan maka UTTP dibubuhkan Tanda Tera dan/atau diterbitkan SKHP berdasarkan cerapan TTU. Jika tidak sesuai persyaratan dan tidak dapat diperbaiki, maka UTTP dibubuhkan Tanda Batal dan dikembalikan ke Wajib TTU; Pelaksana Administrasi mempersiapkan konsep SKHP sesuai data cerapan dari Penera; Kepala UML menandatangani SKHP; Pelaksana Administrasi menerbitkan SKHP, menerbitkan SKRD memberkaskan dokumen TTU UTTP.

Menyesuaikan syarat teknis dan kondisi lingkungan.

Sesuai Perbup Kabupaten Barito Kuala No. 10 Tahun 2020 Tentang perubahan Perda Kabupaten Barito Kuala No. 12 Tahun 2017 tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang Alat Ukur, Takar, Timbang dan perlengkapannya

 

 

Terlaksananya pelayanan tera dan tera ulang sehingga UTTP dibubuhi cap tanda tera sah (Terteranya Alat Ukur Takar Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) yang beredar di masyarakat)

Datang ke kantor Diskopperindag

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

bit.ly/Terabatola

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Tera dan Tera Ulang di Tempat UTTP Terpakai, Terpasang Tetap, Gudang Importir, Pabrik, atau Laboratorium Lain"