Permohonan Penarikan Pengurusan Piutang Negara

  1. Surat Penyerah Piutang yang berisi permohonan penarikan pengurusan piutang negara dan dilengkapi dengan informasi mengenai rencana pelaksanaan restrukturisasi utang debitor yang akan dilaksanakan oleh Penyerah Piutang;
  2. Surat usul penarikan pengurusan Piutang Negara dapat diajukan sewaktu-waktu dengan ketentuan paling lambat 6 (enam) hari sebelum pelaksanaan lelang;
  3. Untuk Piutang Negara Perbankan, restrukturisasi hutang yang dilaksanakan Penyerah Piutang sesuai dengan ketentuan yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dan pedoman restrukturisasi yang diterbitkan Penyerah Piutang yang bersangkutan;
  4. Untuk Piutang Negara nonperbankan, restrukturisasi hutang yang dilaksanakan Penyerah Piutang sesuai dengan pedoman restrukturisasi yang diterbitkan Penyerah Piutang yang bersangkutan;
  5. Hasil verifikasi dari Seksi Hukum dan Informasi.

  1. Pemohon (Penyerah Piutang) mendatangi Area Pelayanan Terpadu (APT) KPKNL Pekalongan dan mengambil nomor antrian.
  2. Pemohon dipanggil ke loket melalui antrian.
  3. Pemohon mendatangi Loket APT dan menyerahkan berkas permohonan yang dilengkapi dengan seluruh dokumen yang disyaratkan.
  4. Petugas APT mengecek kelengkapan berkas permohonan
  5. Dalam hal berkas permohonan belum lengkap, Berkas akan dikembalikan kepada Pemohon dan Pemohon bisa melengkapi kekurangan berkas tersebut sesuai arahan Petugas.
  6. Dalam hal berkas permohonan telah lengkap, Petugas APT memasukkan data permohonan ke aplikasi SMART dan Pemohon mendapatkan tanda terima dari Petugas.
  7. Pemohon menunggu Surat Persetujuan/Penolakan Penarikan Pengurusan Piutang Negara yang telah ditandatangani Kepala KPKNL Pekalongan yang akan disampaikan kepada Pemohon melalui jasa ekpedisi surat.
  8. Proses Selesai

terhitung sejak persyaratan dokumen diterima lengkap

Biaya administrasi penarikan piutang negara sebesar 2,5% nilai utang dan disetor ke Kas Negara sebagai PNBP.

Surat Persetujuan/Penolakan Penarikan Pengurusan Piutang Negara

  1. Telepon : 0285-436118
  2. Faksimile: 0285-436113
  3. Email : kpknlpekalongan@kemenkeu.go.id
  4. SMS/Whatsapp: 085326210009
  5. Website : bit.ly/PengaduanKPKNLPekalongan/
  6. Aplikasi : Sip.Sakpore Menu Tiket Pengaduan
  7. Kotak Pengaduan
  8. Datang langsung ke KPKNL Pekalongan
  9. Media massa
  10. Media sosial

 

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Permohonan Penarikan Pengurusan Piutang Negara"