Standar Pelayanan MKE Tentang Penanganan Nyeri

  1. -

  1. A. Persiapan. 1. Penampilan petugas pemberi edukasi : a. Periksa kerapihan pakaian seragam. b. Periksa kelengkapan atribut. 2. Alat-alat : a. Alat tulis. b. Materi edukasi tentang manajemen nyeri. c. Formulir pemberian edukasi. B. Pelaksanaan. 1. Bawa alat-alat yang telah disiapkan ke dekat pasien dan keluarga. 2. Ucapkan salam (selamat pagi/ siang/ sore/ malam bapak/ ibu..........). 3. Pastikan identitas pasien (minta pasien/ keluarga menyebutkan namanya). 4. Perkenalkan diri dan jelaskan tugas dan peran anda (saya.....(sebutkan profesi) di........Saya akan memberikan informasi kepada bapak / ibu.........mengenai........). 5. Jelaskan tentang nyeri, termasuk lokasi, karakteristik, onset/durasi, kualitas, intensitas dan penyebab. 6. Jelaskan perlakukan non verbal yang menunjukkan ketidaknyamanan, khususnya ketidakmampuan komunikasi efektif. 7. Jelaskan dampak nyeri terhadap kualitas hidup. 8. Jelaskan untuk mengontrol faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi respon pasien mengalami ketidaknyamanan (misal : temperatur ruangan, cahaya, kebisingan). 9. Jelaskan bagaimana factor yang menjadi penyebab atau meningkatkan nyeri (misal: ketakutan, kelemahan, monoton dan rendahnya pengetahuan). 10. Jelaskan beberapa pilihan untuk mengurangi nyeri (misal : farmkologi, nonfarmakologi dan enterpersonal). 11. Jelaskan untuk segera menghubungi petugas kesehatan bila nyeri tidak reda. 12. Dorong pasien dan keluarga untuk bertanya mengenai materi yang diberikan. 13. Lakukan verifikasi kepada pasien dan atau keluarga terhadap edukasi tentang managemen nyeri yang telah diberikan dengan mengajukan pertanyaan (“ dari penjelasan yang tela h disampaikan, apakah bpk / ibu / sdr.........sudah mengerti? Kalau sudah, yang saya sampaikan tadi”). 14. Berikan formulir pemberian edukasi untuk ditandatangani oleh pasien atau keluarga dan lampirkan di rekam medis pasien. 15. Berikan nomor telepon yang bisa dihubungi jika sewaktu- waktu diper kantor. 16. Tawarkan bantuan kembali (Apakah masih ada yang dapat saya bantu?). 17. Ucapkan terima kasih dan lekas sembuh. C. Hal yang harus diperhatikan : 1. Pendidikan pasien da harus diberikan ketika pasien mengalami atau beresiko mengalami nyeri. 2. Pada saat memberikan edukasi, libatkan keluarga untuk bisa 3. mendengarkan dan mengerti tentang penanganan nyeri.

1 Hari kerja

Tidak dipungut biaya

Pelayanan MKE

-

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan MKE Tentang Penanganan Nyeri"