Standar Pelayanan MKE Tentang Pengobatan

  1. -

  1. A. Persiapan 1. Penampilan petugas pemberi edukasi : a. Periksa kerapihan b. Periksa kelengkapan atribut 2. Alat-alat : a. Alat tulis b. Obat yang akan di c. Formulir pemberian edukasi B. Pelaksanaan 1. Bawa alat-alat yang telah disiapkan ke dekat pasien & keluarga. 2. Ucapkan salam ( selamat pagi / siang / sore / malam bapak, ibu….. ) 3. Pastikan identitas pasien ( minta pasien / keluarga menyebutkan namanya ) 4. Perkenalkan diri dan jelaskan tugas dan peran anda ( saya….,(sebutkan profesi) di…... memberikan informasi kepada bapak/ibu ……..mengenai…….) 5. Berikan informasi tentang nama se diterimanya. 6. Berikan penjelasan tentang tujuan dan aksi setiap obat. 7. Berikan penjelasan kepada pasien tentang dosis, cara pemberian dan lama pemberian setiap obat. 8. Berikan penjelasan kepada pasien tentang penggunaan obat yang tepat. 9. Instruksikan pasien untuk mengikuti prosedur pengobatan dengan tepat. 10. Berikan penjelasan tentang apa yang harus dilakukan jika etiket obat hilang. 11. Berikan penjelasan kepada pasien tentang kriteria memilih 12. Berikan penjelasan kepada pasien akibat yang akan terjadi jika mengehentikan pengobatan. 13. Berikan penjelasan kepada pasien tentang efek samping yang mungkin ada dari masing-masing obat. 14. Berikan penjelasan bila mengkonsumsi obat dengan dosis berlebih ataupun kurang. 15. Berikan penjelasan tentang interaksi obat dan makanan yang mungkin terjadi. 16. Berikan penjelasan tentang bagaimana cara menyimpan obat dengan tepat. 17. Berikan penjelasan tentang perawatan alat bantu yang digunakan dalam pemberian obat. 18. Berikan penjelasan tentang cara membuang jarum dan syringe dengan benar di rumah. 19. Berikan penjelasan tentang bahaya menggunkan obat kadaluarsa. 20. Berikan penjelasan untuk tidak memberikan obat yang diresepkan kepada orang lain. 21. Berikan informasi tentang penggantian obat. 22. Lakukan verifikasi kepada pasien dan atau keluarga terhadap edukasi tentang pengobatan yang telah diberikan dengan mengajukan pertanyaan (“ Dari penjelasan yang telah disampaikan, apakah bpk/ibu/sdr ……sudah mengerti ? Kalo sudah, coba diulang apa yang saya sampaikan tadi.”). 23. Berikan formulir pemberian edukasi untuk di tanda tangani oleh pasien atau keluarga & lampirkan di status pasien. 24. Berikan nomor telepon yang bisa dihubungi jika sewaktu- waktu diperlukan atau bisa datang langsung ke kantor. 25. Tawarkan bantuan kembali ( “ Apakah masih ada yang dapat saya bantu ?”). 26. Ucapkan terima kasih dan lekas sembuh. C. Hal yang harus diperhatikan 1. Pendidikan pasien & keluarga tentang pengobatan harus di 2. berikan ketika pasien mendapatkan pengobatan pada saat MRS & KRS. 3. Pada saat memberikan edukasi libatkan keluarga untuk bisa mendengarkan & mengerti tentang pengobatan yang di dapat pasien.

1 Hari kerja

Tidak dipungut biaya

Pelayanan Komunikasi Efektif

-

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Standar Pelayanan MKE Tentang Pengobatan"