kemetrologian

  1. permohonan

  1. Pemilik Alat Ukur, takar, Timbang dan Perlengkapannya ( UTTP) mengajukan permohonan

 

 

  1. Flowchart SOP Pelayanan Tera dan Tera Ulang di Kantor

No.

Aktivitas

Kantor UML

 

Mutu Baku

Ket

Kepala

Seksi Kemetrologian

Penera

Pelaksana

Adm.

Wajib TTU

Persyaratan

Waktu

Output

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

(10)

1

Mengajukan permohonan tera/tera ulang (TTU) ke kantor Disdagperinkop dan UKM

TIDAK

A

TIDAK

YA

TIDAK

YA

 

 

 

 

UTTP/ Permohonan

 

 

 

2

Menerima permohonan dan memeriksa ruang lingkup pelayanan UPT. Jika masuk dalam ruang lingkup maka meregister permohonan, memeriksa kelengkapan, mengecek visual,memberikan bukti order dan menyerahkan ke ruang TTU. Jika tidak masuk dalam ruang lingkup maka UTTP dikembalikan kepada wajib TTU, dicatat dalam formulir kaji ulang permintaan TTU. Selanjutnya diteruskan untuk dilakukan TTU ke UPT/UML terdekat yang memiliki ruang lingkup;  

 

 

 

 

 

Surat permohonan

 

30 menit

Bukti Order, FormulirKajiUlangPermintaan TTU, Rekomendasi Fasilitasi TTU

 

3

Melakukan pengujian TTU, mengisi cerapan TTU. Jika sesuai persyaratan maka UTTP dibubuhkan Tanda Tera dan/atau diterbitkan SKHP berdasarkan cerapan TTU. Jika tidak sesuai persyaratan dan tidak dapat diperbaiki, maka UTTP dibubuhkan Tanda Batal dan dikembalikan ke Wajib TTU;

 

 

 

 

 

Cerapan pengujian, IK, CTT

 

Sesuai Syarat Teknis UTTP

Cerapan, Tapak CTT

 

4

Mempersiapkan konsep SKHP sesuai data cerapan dari Penera;

 

 

 

 

Cerapan UTTP dari Penera

30 menit

Konsep SKHP

 

5

Memeriksa dan menandatangani SKHP;

 

 

 

 

Konsep SKHP

15menit

SKHP

 

6

Menerbitkan SKHPdan Kwitansi, memberikan UTTP dan/atau SKHP kepada Wajib TTU, memberkaskan dokumenTTU.

 

 

 

 

Perda Retribusi

10 menit

SKHP, Kwitansi, Berkas TTU UTTP

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

1 Jam 25 Menit

 

 

Tidak dipungut biaya

tera / tera ulang , pengawasan dan penyelidikan kemetrologian

via telpon

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "kemetrologian"