Pelayanan kesehatan orang dengan isiko terinfeksi HIV

  1. Membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  2. Membawa kartu JKN KIS

  1. PENYULUHAN HIV/AIDS 1. Pengertian HIV adalah virus yang menyerang sel darah putih 2. Pengertian AIDS adalah kumpulan gejala penyakit akibat seseorang mengalami kekurangan kekebalan tubuh yang ditimbulkan oleh virus HIV 3. Tanda dan gejala HIV : a. Demam lebih 3 bulan b. Diare kronis c. TBC d. Herpes e. Pneumonia f. Infeksi mulut g. Limfodenopati 4. Penularan HIV/AIDS a. darah b. cairan sperma c. ASI d. cairan vagina 5. Pencegahan a. Hindari seks bebas b. Setia pada pasangan c. Memakai kondom d. Hindari jarum suntik bergantian 6. Unit terkait a. pelaksana program HIV Puskesmas b. Dokter c. Laboratorium d. Paramedis e. kepala puskesmas
  2. KONSELING HIV/AIDS 1. Konseling pencegahan a. Pemahaman HIV/AIDS dan dampak fisik seta psikososial b. Cara penularan dan pencegahan c . Pemahaman perilaku hidup sehat d. Mendorong perubahan perilaku ke arah hidup sehat 2. Konseling pre test a. motivasi pelaksanaan test sukarela b. Estimasi hasil test c. membuat keputusan melaksanakan test atau tidak 3. Konseling pasca test a. menilai situasi psikososial terkini, mendukung mental emosional pasien b. menilai pemahaman pasien c. membacakan hasil 4. konseling kepatuhan berobat 5. Hal-hal yang perlu diperhatikan a. tahap penerimaan pasien b. respon pasien c. kerahasiaan pasien 7. Unit terkait: a. pelaksanaan program HIV Puskesmas b. Dokter c. Laboratorium

Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit mulai dari monseling hingga selesai

Tidak dipungut biaya

UKM

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan kesehatan orang dengan isiko terinfeksi HIV"