Layanan sertifikası impor media pembawa hama dan penyakit hewan karantina

  1. Sertifikat Kesehatan dari Negara Asal
  2. Memasukkan Media Pembawa Hama dan Penyakit Hewan Karantina melalui Tempat Pemasukan yang Ditetapkan oleh Pemerintah Pusat
  3. Melaporkan dan Menyerahkan Media Pembawa Hama dan Penyakit Hewan Karantina kepala Pejabat Karantina di Tempat Pemasukan yang Ditetapkan oleh Pemerintah Pusat
  4. Menyerahkan Dokumen Lain yang Dipersyaratkan sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang-undangan (seperti : Surat Keterangan Asal (Certificate of Origin), Certificate of Analysis, dan lain-lain

  1. Pengguna jasa membawa kartu identitas dan dokument persyaratan impor media pembawa hama dan penyakit hewan karantina (HPHK)
  2. Setelah petugas memeriksa dan memverifikasi, kelengkapan dokumen persyaratan yang wajib dipenuhi, serta mengisi berita acara serah terima media pembawa HPHK dan dokumen karantina kepada pejabat karantina (KH-1). Pengguna jasa menandatangai document KH-1
  3. Pejabat karantina melakukan pemeriksaan fisik, dokumen, dan kesehatan media pembawa HPHK. Apabila diperlukan, pejabat karantina akan melakukan pengasingan, pengamatan, dan/atau perlakuan terhadap media pembawa HPHK
  4. Apabila media pembawa HPHK dinyatakan sehat dan bebas dari HPHK maka diterbitkan draft Sertifikat Pelepasan Karantina Hewan (KH-14) dan penerbitan kuitansi PNBP
  5. Pengguna jasa diwajibkan untuk menyelesaikan pembayaran PNBP dengan batas waktu 24 jam sejak diterbitkannya kuitansi
  6. Penerbitan Sertifikat Pelepasan Karantina Hewan (KH-14).
  7. Apabila media pembawa HPHK dinyatakan tidak sehat dan/atau tidak bebas dari HPHK maka diterbitkan surat perintah penolakan (KH-9A), atau surat perintah pemusnahan (KH-10A).

1. Pengguna jasa melaporkan kepada pejabat karantina, tentang rencana pemasukan/impor media pembawa hama dan penyakit hewan karantina (HPHK). (15 menit)

2. Petugas memeriksa dan memverifikasi, kelengkapan dokumen persyaratan yang wajib dipenuhi, serta mengisi berita acara serah terima media pembawa HPHK dan Dokumen Karantina kepada Petugas Karantina (KH-1). (5 menit).

3. Penerbitan Surat Penugasan Melakukan Tindakan Karantina Hewan (KH-2). (5 menit)

4. Melakukan pemeriksaan fisik, administrasi, dan kesehatan, serta dilakukan pengambilan sampel apabila diperlukan. (30 menit)

5. Apabila dalam pemeriksaan fisik, media pembawa HPHK dinyatakan perlu diberi tindakan pengasingan dan pengamatan (guna mendeteksi HPHK) atau perlakuan oleh pejabat karantina, maka media pembawa HPHK tersebut akan dilakukan pengasingan dan pengamatan, dengan lama waktu pengasingan dan pengamatan :

a. 1 jam s.d 21 hari (untuk hewan)

b. 1 jam s.d 4 hari (untuk produk hewan dan benda lain)

6. Apabila hasil dari pemeriksaan, pengasingan, pengamatan, dan/atau perlakuan, media pembawa HPHK dinyatakan bebas dari HPHK oleh pejabat karantina, maka dilakukan pembebasan dengan menerbitkan draft Sertifikat Pelepasan Karantina Hewan (KH-14). (5 menit), serta Penerbitan kuitansi PNBP. (10 menit)

7. Pengguna jasa diwajibkan untuk menyelesaikan pembayaran PNBP dengan batas waktu 24 jam sejak diterbitkannya kuitansi. (24 jam)

8. Pencetakan Sertifikat Pelepasan Karantina Hewan (KH-14). (5 menit)

9. Apabila hasil dari pemeriksaan, pengasingan, pengamatan, dan/atau perlakuan, media pembawa HPHK dinyatakan tidak sehat dan/atau bebas dari HPHK oleh pejabat karantina, maka dilakukan surat perintah penahan (KH-8A), surat perintah penolakan (KH-9A), atau surat perintah pemusnahan (KH-10A).

Biaya atau tarif didasarkan pada Peraturan Pemerintan Nomor 35 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif ata Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Pertanian dan Keputusan Kepala Badan Karantina Pertanian, Nomor : 1436/Kpts/KU.0.30/L/10/2016 tentang Tata Cara Pengenalan, Pemungutan, dan Penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berasal dari Pelaksanaan Tindakan Karantina.

Sertifikat Pelepasan Karantina Hewan (KH-14)

SMS Center Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun

0811 7072 722

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Layanan sertifikası impor media pembawa hama dan penyakit hewan karantina"