Pelayanan Pencatatan dan Penerbitan Kutipan Akta Kematian

  1. Mengisi Formulir permohonan akta kematian
  2. surat keterangan kematian medis/kepaladesa/lurah (asli)
  3. Foto copy KTP/KK asli yang meninggal
  4. Foto copy KTP kedua saksi
  5. Surat kuasa bermaterai Rp. 6000,00 bagi yang dikuasakan

  1. Pemohon mendaftar di loket pendaftaran;
  2. pemohon mengisi formulir yang sudah disediakan;
  3. petugas memeriksa berkas yang sudah di serahkan pelapor;
  4. petugas memberikan resi pengambilan berdasarkan nomor pendaftaran kepada pemohon;
  5. petugas mengentry data dari berkas yang sudah di isi pemohon, dan mengeluarkan draft kutipan akta kematian untuk diserahkan kepada verifikator;
  6. Verifikator memriksa draft kutipan akta kematian dan buku register akta kematian;
  7. petugas mencetak dalam blanko kutipan akta kematian apabila draft sudah di sahkan atau di acc;
  8. kepala dinas menandatangani kutipan akta kematian beserta buku registernya;
  9. petugas memberikan kutipan akta kematian kepada pemohon setelah kutipan akta kematian di cap oleh dinas

  1. PEMOHON DATANG KE TEMPAT PELAYANAN DENGAN MEMBAWA DOKUMEN DAN PERSYARATAN YANG LENGKAP DAN SUDAH DI VERIFIKASI DI DESA/KELURAHAN.
  2. PEMOHON MENGAMBIL NOMOR ANTRIAN UNTUK PENDAFTARAN, LALU MENUNGGU DI TEMPAT ANTRIAN YANG SUDAH TERSEDIA.
  3. PETUGAS MEMANGGIL NOMOR ANTRIAN PEMOHON SESUAI NOMOR URUT ANTRIAN YANG SUDAH TERDAFTAR
  4. PEMOHON MENUJU LOKET PENDAFTARAN / PENYERAHAN BERKAS UNTUK DI VERIFIKASI
  5. SETELAH BERKAS DI VERIFIKASI, SELANJUTNYA DISERAHKAN KE PETUGAS OPERATOR UNTUK DI PROSES
  6. SETELAH SELESAI PROSES PEMOHON BISA MENGAMBIL DOKUMEN YANG SUDAH SELESAI DENGAN MENUNJUKAN BUKTI PENGAMBILAN
  7. SETELAH DOKUMEN DITERIMAKAN DAN SESUAI DENGAN PERMOHONAM, PEMOHON MENINGGALKAN TEMPAT PELAYANAN. (SELESAI)

Tidak dipungut biaya

Akta kematian

  1. PEMOHON / MASYARAKAT BISA DATANG LANGSUNG KE TEMPAT PENGADUAN PADA LOKET PELAYANAN DISDUKCAPIL KAB. LAMONGAN ATAU MELALUI MEDIA ELEKTRONIK / CETAK YANG SUDAH TERSEDIA (SURAT, EMAIL, TELEPON DAN MEDSOS)
  2. PEMOHON MENYAMPAIKAN PENGADUHAN KE PETUGAS DENGAN INFORMASI YANG AKURAT DENGAN DATA PENDUKUNG DAN BISA DI PERTANGGUNGJAWABKAN
  3. PETUGAS MEMVERIFIKASI DAN MEMPROSES SESUAI DENGAN PENGADUHAN MASYARAKAT
  4. SETELAH PENGADUAN SELESAI DIPROSES, JAWABAN ATAS PENGADUAN TERSEBUT AKAN DI SAMPAIKAN LANGSUNG KEPADA PEMOHON / MASYARAKAT.
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Pencatatan dan Penerbitan Kutipan Akta Kematian"