Pelayanan Rawat Jalan

  1. MEMBAWA KTP/SIM/KARTU PELAJAR/KK/KARTU BPJS
  2. MEMBAWA KARTU TANDA BEROBAT

  1. Prosedur Pemasangan Implant : 1. Petugas memanggil sesuai dengan nomer antrian 2. Petugas mempersilahkan klien masuk. 3. Petugas menyapa,memberi salam klien. 4. Petugas mencocokkan identitas klien dengan RM. 5. Petugas menanyakan keperluan klien. 6. Petugas memberi konseling tentang indikasi dan side efek. 7. Petugas mengisi inform concent. 8. Petugas meminta tandatangan klien. 9. Petugas menganjurkan klien untuk cuci lengan kiri atas memakai sabun. 10. Petugas menyiapkan alat dan bahan antara lain: a. Alkon implant 3 tahun b. Anti septik ( bethadin,alkohol 70%) dalam 2 kom kecil c. Hand scond satu pasang d. Kasa steril e. Plester, gunting f. Perlengkapan dokumentasi KB g. Lidocain dan spuit. h. Duk lobang steril i. Implant set j. Safety box k. Tempat sampah medis dan non medis 11. Petugas mempersilahkan klien berbaring. 12. Petugas cuci tangan, memakai sarung tangan 13. Petugas mengusap daerah pemasangan dengan antiseptik. 14. Petugas memasang duk lobang. 15. Petugas menganastesi lokal pada daerah insersi. 16. Petugas membuat insisi 2 mm sejajar lengkung siku. 17. Petugas memasukkan ujung trokar melalui insisi sampai mencapai garis batas dekat pangkal trokar. 18. Petugas memasukkan implan ke dalam trokar . 19. Petugas mendorong kapsul dengan batang pendorong sampai adanya tahanan. 20. Petugas menarik trokar kembali sampai garis batas dekat ujung trocar terlihat pada insisi hingga terasa kapsul lepas keluar dari trocartnya. 21. Petugas meraba kapsul dari luar dengan jari untuk memastikan implant sudah berada pada tempatnya dengan baik. 22. Petugas memasukkan implan ke 2 dengan cara yang sama tanpa melepas trokar yaitu dengan membentuk huruf v berjarak kurang lebih 15 derajat dari implan pertama. 23. Petugas menutup luka insisi lalu membalut dengan kassa gulung. 24. Petugas membuang sampah ke dalam tempat sampah medis. 25. Petugas merendam peralatan kedalam larutan clorin. 26. Petugas melepas sarung tangan. 27. Petugas cuci tangan. 28. Petugas mengawasi klien selama 15 menit . 29. Petugas menanyakan kondisi klien selesai pemasangan. 30. Petugas mempersilakan klien duduk kembali. 31. Petugas memberikan resep. 32. Petugas memberikan kartu KB . 33. Petugas memberi tahu jadwal kunjungan ulangnya. 34. Petugas menganjurkan klien segera kontrol apabila ada keluhan. 35. Petugas mencatat hasil pelayanan. 36. Petugas memberikan nota tagihan tindakan ke pasien 37. Petugas mempersilahkan pasien membayar di kasir 38. Petugas mencuci peralatan. 39. Petugas membereskan tempat.
  2. Prosedur Pelepasan Implant : 1. Petugas memanggil sesuai dengan nomer antrian 2. Petugas mempersilahkan klien masuk. 3. Petugas menyapa serta memberi salam pada klien. 4. Petugas menanyakan keperluan klien. 5. Petugas mencocokkan lembar RM dengan data klien. 6. Petugas menanyakan alasan pencabutan. 7. Petugas meminta kartu akseptor. 8. Petugas meminta tandatangan inform concent pada klien. 9. Petugas menyarankan klien untuk mencuci lengan yang terpasang implan. 10. Petugas menyiapkan alat dan obat yang antara lain : ? Anti septik ( bethadin,alkohol 70%) dalam 2 kom kecil ? Hand scond satu pasang ? Kasa steril ? Plester, gunting ? Lidocain dan spuit 3 cc ? Implant set : Klem U,klem masquito ? Bisturi mask dan skalpel ? Duk lobang steril ? Perlengkapan dokumentasi(lembar RM,kartu KB,register KB,inform concent) 11. Petugas menganjurkan akseptor untuk berbaring di tempat tidur dengan posisi telantang. 12. Petugas membantu akseptor untuk melepas lengan baju yang terpasang implan. 13. Petugas mencuci tangan. 14. Petugas melakukan tindakan antisepsis pada lengan yang akan dilepas implannya. 15. Petugas memasang duk lobang di lengan tempat yang akan dilepas implannya. 16. Petugas menyuntikkan anestesi lokal di bawah implan. 17. Petugas membuat insisi 4 mm sedekat mungkin pada ujung-ujung implan. 18. Petugas mengeluarkan implan pertama yang terletak paling dekat dengan insisi,kapsul dipegang dengan klem U dari ujung distalnya,kemudian klem diputar ke arah pangkal lengan atas/bahu pasien sehingga kapsul terlihat di bawah lubang insisidan dapat dibersihkan dari jaringan-jaringan yang menyelubunginya dengan memakai skalpel untuk seterusnya dicabut ke luar. 19. Petugas menutup luka insisi . 20. Petugas menunjukkan kapsul implant kepada klien. 21. Petugas membuang kapsul dan sampah basah di tempat sampah medis. 22. Petugas membereskan alat-alat. 23. Petugas merendam alat di larutan klorin 10 menit. 24. Petugas melepas sarung tangan. 25. Petugas mencuci tangan. 26. Petugas memberi tahu cara merawat lukanya. 27. Petugas memberi tahu jadwal kontrol. 28. Petugas memberikan resep untuk pengambilan obat di apotik. 29. Petugas mencatat hasil pelayanan. 30. Petugas mencuci alat

30 Menit

Tidak dipungut biaya

Pelayanan Implant

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Rawat Jalan"