Pelayanan Rawat Jalan

  1. MEMBAWA KARTU TANDA BEROBAT
  2. MEMBAWA KTP/SIM/KARTU PELAJAR/KK/KARTU BPJS

  1. SOP PEMERIKSAAN MTBS : 1. Petugas memanggil pasien sesuai nomer antrian 2. Petugas mencuci tangan 3. Petugas menanyakan kepada ibu mengenai masalah anaknya 4. Petugas mencuci tangan 5. Petugas menimbang BB, mengukur TB dan mengukur suhu tubuh anak 6. Petugas menanyakan kepada ibu mengenai 4 keluhan utama a) Batuk/ sukar bernafas b) Diare c) Demam d) Masalah telinga 7. Petugas memeriksa tanda bahaya umum, meliputi: a) Anak tidak bisa minum atau menetek b) Anak memuntahkan semuanya c) Anak kejang d) Anak letargis/tidak sadar 8. Petugas menanyakan gejala lain yang berhubungan dengan gejala utama 9. Petugas memeriksa dan menklasifikasikan status gizi anak dan anemia 10. Petugas memeriksa status imunisasi dan pemberian vit A dan menentukan apakah anak membutuhkan imunisasi dan atau vit A pada kunjungan tersebut 11. Petugas menentukan perlunya dilakukan rujukan segera jika kondisi perlu dirujuk 12. Petugas menentukan tindakan dan pengobatan pra rujukan 13. Petugas merujuk anak, menjelaskan perlunya rujukan dan membuat surat rujukan 14. Petugas menentukan tindakan dan pengobatan untuk anak yang tidak menentukan rujukan segera 15. Petugas memilih obat yang sesuai dan menentukan dosis obat, jadwal pemberian dan mengajarkan ibu cara pemberian obat di rumah 16. Petugas memberi cairan tambahan untuk diare dan melanjutkan pemberian makan 17. Petugas memberikan imunisasi setiap anak sakit sesuai dengan kebutuhan 18. Petugas memberikan suplemen Vit A 19. Petugas memberikan konseling, meliputi: a) Pemberian makan b) Pemberian cairan c) Kapan harus kunjungan ulang d) Menasehati ibu untuk menjaga kesehatan dirinya 20. Petugas mempersilahkan ibu untuk mengambil obat ke loket obat 21. Petugas mencuci tangan 22. Petugas mendokumentasikan semua hasil pemeriksaan, therapy dan tindakan

20 Menit

Tidak dipungut biaya

Pemeriksaan Balita

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Rawat Jalan"