Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Essensial Kesehatan Keluarga

  1. Pasien sudah terdaftar di loket pendaftaran
  2. Pasien sudah melakukan pembayaran di loket Karsir
  3. Tersediannya Rekam Medis Pasien pada RMD

  1. A. KELAS IBU HAMIL 1. Petugas menyampaikan tujuan 2. Petugas menyampaiakan cara pelaksanaan kelas ibu hamil 3. Petugas melakukan Pembagian kelompok 4. Petugas memandu jalanya diskus. 5. Materi kelas ibu hamil bisa dengan lembar balik pedoman kelas ibu hamil bisa mengunakan KMS ibu hamil 6. Pertemuan 1 membahas kehamilan dan perawatan kehamilan 7. Pertemuan ke 2 membahas persalinan dan perawatan nifas 8. Pertemuan ke 3 membahas perawatan bayi, Mitos, penyakit menular, akte kelahiran 9. Petugas menyampaikan kegiatan setelah kelas ibu hamil 10. Senam hamil 11. Aktifitas ibu hamil 12. Petugas menyampaiakan kontra indikasi senam hamil 13. Petugas memimpin aktifitas ibu hamil dan kelas ibu hamil 14. Menanyakan keluhan setelah senam hamil 15. Melakukan tindak lanjut bila ada keluhan 16. Petugas menyampaikan jadwal kelas ibu hamil bulan depan
  2. B. KELAS BAYI BALITA 1. Memakai Buku KIA sebagai acuan/alat utama pembelajaran. 2. Metode belajar memakai pendekatan cara belajar orang dewasa yaitu partisipatif interaktif, tanya jawab,peragaan atau praktek, curah pendapat, penugasan dan stimulasi. 3. Materi dari Buku KIA, modul yang berkaitan. 4. Kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan kondisi/masalah kesehatan ditempat tersebut. 5. Dari, oleh dan untuk mayarakat. 6. Ibu-ibu yang mempunyai anak usia 0-5 tahun. 7. Bidan atau tenaga kesehatan yang pernah dilatih sebagai fasilitator Kelas Ibu Balita. 8. Narasumber diperlukan untuk memberikan input tentang topik tertentu. 9. Waktu disesuaikan dengan kesiapan ibu-ibu yang akan mengikuti kelas Ibu Balita 10. Frekuensi pertemuan 3 kali pertemuan atau sesuai kesepakatan antara petugas kesehatan dan ibu-ibu Kelas Balita. 11. Tempat fleksibel 12. Pendokumentasian
  3. C. PEMANTAUAN BUMIL RESIKO TINGGI 1. Persiapan a. Menentukan tujuan b. Menentukan sasaran c. Mempersiapkan PHN kit d. Menentukan waktu 2. Salam menjalin hubungan dengan pasien dan keluarga 3. Melakukan pemerikaan 4. Mencatat hasil pemeriksaan di buku KIA, Kartu ibu, Register, kohort, dokumentasi
  4. D. SAFARI KB 1. Pelaksana program menerima surat dari kepala puskesmas tentang pelaksanaan safari KB 2. Siapkan tempat dan alat bersama PLKB saru hari sebelum pelaksanaan kegiatan 3. Lakukan screening pada akseptor sebelum pelayanan 4. Lakukan konseling pra tindakan oelh petugas 5. Layani akseptor berdasarkan pilihannyasesuai SOP 6. Lakukan konseling pasca tindakan oleh petugas 7. Berikan obat untuk penanganan efek samping 8. Lakukan sterilisasi alat 9. Lakukan pencatatan dan pelaporan
  5. E. POSYANDU BALITA 1. Petugas/kader mendaftar balita di buku register sebelum pelayanan,kemudian ke meja berikutnya. 2. Petugas/kader melakukan pemeriksaan tinggi badan, berat badan 3. Petugas/kader melakukan pencatatan di KMS balita yang meliputi Indek Massa Tubuh, tinggi badan , berat badan 4. Petugas melakukan penyuluhan kesehatan perorangan berdasarkan KMS dan pemberian makanan tambahan (PMT). 5. Petugas melakukan pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan kesehatan balita
  6. F. ANC TERPADU a. Anamnese 1. Menyambut ibu dengan sopan dan ramah 2. Memperkenalkan diri kepada ibu 3. Menanyakan nama dan identitas 4. Menanyakan riwayat menstruasi yang terdiri atas usia menarche, siklus, lamanya, sifat darah, dismenorea, flour albus. 5. Menanyakan riwayat perkawinan meliputi: status perkawinan, berapa kali menikah, umur menikah, lama perkawinan 6. Menanyakan tentang kehamilan sekarang yang meliputi: usia kehamilan/HPHT, frekuensi periksa persemester, keluhan-keluhan, gerakan janin, imunisasi TT, obat yang dikonsumsi/jamu dan masalah lain yang dialami selama kehamilan 7. Menanyakan tentang riwayat obstetric yang lalu meliputi: jumlah kehamilan, persalinan dan abortus, umur kehamilan, jenis persalinan, penolong, komplikasi, bayi (BB,JK, kondisi sekarang), nifas, keterangan 8. Menanyakan riwayat KB yang meliputi: alat atau cara, mulai pakai, berhenti atau ganti cara, alas an 9. Menanyakan pola kehidupan sehari-hari yang meliputi: nutrisi, eliminasi, istirahat, aktivitas, personal hygiene, seksualitas 10. Menanyakan riwayat psikologi spiritual yang meliputi: tanggapan ibu terhadap keadaan, tanggapan ibu dan keluarga terhadap kehamilannya, kopping, ketaatan ibu beribadah 11. Menanyakan riwayat sosial ekonomi yang meliputi: hubungan sosial ibu, penentu pengambilan keputusan, jumlah penghasilan perbulan, penanggung jawab biaya persainan 12. Menanyakan tentang pengetahuan ibu tentang kehamilannya 13. Menanyakan tentang data lingkungan tempat tinggal yang meliputi keluarga yang tinggal serumah dengan hewan piaraan b. Pemeriksaan Fisik 1. Pemeriksaan umum meliputi: keadaan umum , TB, BB, LILA, tekanan darah, nadi, suhu, respirasi 2. Melakukan pemeriksaan khusus kepala dan leher meliputi: kepala, muka, mata, hidung, mulut dan gigi, telinga, leher 3. Melakukan pemeriksaan pada dada meliputi: pernafasan dada dan payudara 4. Melakukan pemeriksaan abdomen 5. Melakukan pemeriksaan palpasi abdomen meliputi: Leopold, TFU dan Osborn 6. Melakukan pemeriksaan auskultasi 7. Melakukan pemeriksaan punggung 8. Melakukan pemeriksaan pada genetalia meliputi vulva vagina dan anus 9. Melakukan pemeriksaan ektremitas atas dan bawah c. Pemeriksaan Tambahaan 1. Laboratorium: pemeriksaan HB, golongan darah dan urine reduksi/protein (bila ada indikasi) 2. Pemeriksaan panggul bila ada indikasi 3. Periksaan USG bila ada indikasi d. Pendidikan kesehataan yang diperlukan 1. Memberitahukan kepada ibu temuan dalam pemeriksaan 2. Memberikan informasi usia kehamilan 3. Pelayanan kesehatan meliputi: imunisasi, tablet zat besi 4. Memberikan penyuluhan kesehatan sesuai trimester kehamilan 5. Memberikan informasi tentang jadwal kunjungan berikutnya 6. Mendokumentasikan

1 Hari Kerja

Tidak dipungut biaya

Pelayanan KIA-KB, KIE, Capain Kinerja Program

  1. Pengaduan Secara Langsung  di ruang pengaduan
  2. Pengaduaan Secara Tidak Langsung melalui:
  • Kotak saran
  • Papan Pengumuman
  • Bener / Leaflet/Spanduk
  • Telpon (0280) 6262118
  • SMS 085931598834
  • Media Sosisal 
  •  Whats App   : 085931598834
  • Email : puskesmasmajenang1@gmail.com
  • Facebook     : Puskesmas Majenang I
  • Instagram     : @pkmmajenangsat
  • Blogspot       : uptdpuskesmasmajenang1@blogspot.com
  • Web             : https://puskesmasmajenang1.cilacapkab.go.id/

Tata Cara Pengaduan  SOP Pengaduan

  1. Pelanggan menulis dibuku tamu
  2. Pasien melakukan pengaduan dicatat dalam register dan formulir pengaduan dengan tandatangan pelanggan dan tim pengaduan
  3. Pengaduan diterima oleh tim pengaduan
  4. Tim pengaduan melakukan analisa pengaduan
  5. Tim pengaduan melakukan konfirmasi dan klarifikasi kepada pengadu
  6. Tim pengaduan bersama pengadu menyelesaikan masalah
  7. Masalah selesai
  8. Tim pengaduan membuat laporan pengaduan
  9. Tim pengaduan melaporkan kepada kepala puskesmas.
  10. Jika masalah tidak dapat diselesaikan,  tim pengadun  bersama kepala puskesmas melanjutkan masalah ke dinas terkait/ lintas sectoral/Kepala Dinas Kesehatan  untuk membuat tindak lanjut..
Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Essensial Kesehatan Keluarga"