Triase (Triage)

  1. Membawa KTP / KK
  2. Membawa Kartu Jaminan Kesehatan

  1. a. Tim Gawat Darurat melakukan identifikasi pasien. b. Tim Gawat darurat melakukan anamneses. c. Jika perorangan, pemeriksaan menggunakan penilaian GCS kemudian dilakukan penatalaksanaan yang sesuai. d. Jika massal, tim gawat darurat membagi dan memberikan gelang warna menurut kegawatannya : 1) Segera- Immediate (I)- MERAH. Pasien mengalami cedera mengancam jiwa yang kemungkinan besar dapat hidup bila ditolong segera. 2) Tunda-Delayed (II)-KUNING. Pasien memerlukan tindakan defintif tetapi tidak ada ancaman jiwa segera. 3) Minimal (III)-HIJAU. Pasien mendapat cedera minimal, dapat berjalan dan menolong diri sendiri atau mencari pertolongan. 4) Expextant (0)-HITAM. Pasien menglami cedera mematikan dan akan meninggal meski mendapat pertolongan. e. Tim Gawat Darurat memprioritas pelayanan sesuai dengan urutan warna : merah, kuning, hijau, hitam. f. Tim Gawat Darurat langsung memberikan tindakan di ruangan tindakan apabila triase merah. g. Tim Gawat Darurat memberikan tindakan pada pasien dengan kategori triase kuning yang memerlukan tindakan medis lebih lanjut dapat menunggu giliran setelah pasien dengan kategori triase merah selesai ditangani. h. Tim Gawat Darurat memindahkan pasien dengan kategori triase hijau ke ruangan pelayanan umum. i. Tim Gawat Darurat memberitahu keluarga pasien kategori triase hitam tentang keadaannya untuk kemudian dibawa pulang. j. Tim Gawat Darurat merujuk ke Rumah Sakit apabila memerlukan tindakan medis lebih lanjut diluar kompetensi.

Triase (Triage) adalah tindakan untuk memilah / mengelompokkan korban berdasar beratnya cidera, kemungkinan untuk hidup, dan keberhasilan tindakan berdasar sumber daya (SDM dan sarana) yang tersedia.

Gratis untuk KTP Semarang
Umum untuk KTP Luar Kota Semarang
 

Triase (Triage)

Disediakan Kotak Saran

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Triase (Triage)"