Asuhan Gizi Penanganan Gizi Buruk

  1. Membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK) KTP
  2. Membawa Kartu Jaminan Kesehatan

  1. 1. Petugas gizi melakukan pengukuran Antropometri. 2. Petugas gizi melihat tanda klinis bila ada. 3. Petugas gizi menentukan status gizi balita dengan menghitung Z- score menggunakan software WHO-Anthro. 4. Petugas gizi menentukan ada tidaknya kegawatan pada pasien : a. Apabila tidak terdapat kegawatan pada pasien maka akan dilanjutkan dengan : • Merecall asupan makan pasien 24 jam yang lalu. • Petugas menentukan dan zat gizi pasien dengan menggunakan AKG (angka kecukupan gizi) sesuai umur. • Menjelaskan pada pengantar balita mengenai makanan seimbang, dengan porsi kecil namun sering dan padat gizi. • Memberi kesempatan pada pengantar balita untuk bertanya. • Mengevaluasi penerimaan pasien tentang edukasi yang sudah diberikan. • Memberikan PMT pemulihan pada balita dari keluarga miskin apabila PMT tersedia. • Membuat kesepakatan dengan pasien untuk kunjungan ulang. • Mencatat data – data yang didapat pada buku register dan RM. b. Apabila terdapat kegawatan pada balita maka akan dilakukan : • Rujukan intern pada dokter untuk diperiksa lebih lanjut. • Apabila Puskesmas tidak dapat menangani maka pasien akan dirujuk ke Rumah Sakit untuk mendapat perawatan lebih intensif kemudian Puskesmas akan melanjutkan dengan penanganan pada fase tindak lanjut berupa pemberian PMT(apabila tersedia)dan monitoring evaluasi. • Mendokumentasi data-data yang didapat pada buku register,buku monitoring dan Rekam Medis. 5. Petugas gizi akan berkoordinasi dengan kader terdekat untuk turut memantau dan melakukan pendampingan pada pasien balita gizi buruk mengenai pemantauan pertumbuhan dan memastikan PMT tepat sasaran (disampaikan dapat melalui sms, telepon maupun pada pertemuan kader).

Asuhan Gizi penganan gizi buruk adalah suatu bentuk  pelayanan profesional dalam menangani malnutrisi terparah akibat kurang gizi menahun.

Balita dikatakan gizi buruk apabila dari perhitungan z –score menurut BB/U ≤  -3 SD, dan atau dengan gejala klinis seperti adanya udem atau tampak sangat kurus.

Tidak dipungut biaya

Asuhan Gizi Penanganan Gizi Buruk

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Asuhan Gizi Penanganan Gizi Buruk"