Pelayanan KB Suntik

  1. Membawa Kartu Identitas
  2. Membawa Kart BPJS
  3. Pasien datang sendiri / dengan pendamping

  1. 1. Persiapan pasien. 1.1. Persiapan daerah yang akan disuntik bersih atau kotor 1.2. Bila kotor pasien diminta membersihkan dengan dengan sabun dan air. 1.3. Biarkan daerah tersebut kering
  2. 2. Persiapan petugas. 2.1. Cuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir. Keringkan dengan handuk. 2.2. Buka dan buang tutup karet pada vial, usap karet bagian atas vial dengan kapas yang telah dibasahi alcohol 70% biarkan kering. 2.3. Pasang jarum pada spuit dengan memasukkan jarum pada mulut spuit penghubung. 2.4. Balikkan vial dengan mulut vial kebawah, masukkan cairan suntik kedalam spuit. 2.5. Ganti jarum dengan jarum baru.
  3. 3. Pelaksanaan suntik KB 3.1. Persiapan daerah suntikan - Bersihkan kulit yang akan disuntik dengan kapas alcohol 70%. - Biarkan kulit kering sebelum disuntik. 3.2. Peralatan: - Obat yang akan disuntikkan - Spuit dan jarum sekali pakai. - Kapas alcohol 3.3. Teknik suntikan: - Kocok botol dengan baik, hindarkan terjadi gelembung udara, keluarkan bila terdapat gelembung udara. - Suntikkan secara I.M. pada daerah gluteal (1/3 dari SIAS). 3.4. Setelah tindakan suntikkan: - Jangan memijat daerah suntikkan, jelaskan bahwa obat akan cepat diserap - Buang jarum dan spuit dalam safety box.

5 Anamnesa dan KIE

5 Pemeriksaan Fisik dan Tindakan

 

Berdasarkan Juknis Dinkes

Pelayanan KB suntik 3 bulan

Telepon Puskesmas (024) 6584188

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan KB Suntik"