Pelayanan Pendampingan Kepada Kelompok Tani Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tebing Tinggi

  1. Kelompok tani/ ternak/ pembudidaya ikan yang ada di Kota Tebing Tinggi

  1. Mengidentifikasi dan menginventarisasi kelembagaan petani (Poktan dan Gapoktan) yang ada ada di WKPP termasuk kelembagaan petani melalui program yang ditumbuhkan masing-masing subsektor
  2. Pendampingan kepada kelompok tani meliputi : a. Menghadiri pertemuan yang diselenggarakan Poktan/ Gapoktan b. Melaksanakan kunjungan ke Poktan/ Gapoktan untuk menyampaikan berbagai informasi dan teknologi usaha tani c. Memfasilitasi Poktan/ Gapoktan dalam melakukan Identifikasi Potensi Wilayah (IPW), penyusunan RDK/RDKK, bertanggung jawab terhadap kebenaran dan validitas RDK/ RDKK d. Menyusun program kelurahan e. Membimbing berbagai keterampilan usaha tani serta melakukan pembinaan dalam penerapannya f. Membantu petani untuk mengidentifikasi permasalahan usaha tani serta memilih alternatif pemecahannya g. Menginventarisasi masalah yang tidak dapat dipecahkan oleh anggota, Poktan dan Gapoktan untuk dibawa ke rapat BPP h. Melakukan pencatatan keanggotaan serta kegiatan Poktan/ Gapoktan yang tumbuh dan berkembang di wilayah kerjanya i. Menumbuhkembangkan kemampuan manajerial, kepemimpinan dan kewirausahaan anggota Poktan/ Gapoktan serta pelaku agribisnis lainnya j. Memfasilitasi terbentuknya Pokta/ Gapoktan serta pembinaannya k. Melaksanakan forum penyuluhan kelurahan l. Melaksanakan penilaian kemampuan Poktan/ Gapoktan dalam melaksanakan fungsinya serta memfasilitasi pengukuhan kelas kemampuan Poktan/ Gapoktan m. Berkoordinasi dan bersinergi dengan organisasi petani/ kemasyarakatan dalam melakukan pembinaan dan kelembagaan petani
  3. Masalah yang tidak dapat diselesaikan dalam Poktan/ Gapoktan dibawa ke rapat BPP yang dilaksanakan 2 minggu sekali untuk didiskusikan pemecahannya.

Berkelanjutan (1 Poktan dikunjungi minimal dua minggu sekali)

Tidak dipungut biaya

IPW, Program Kelurahan, RDK/ RDKK, Pemutakhiran Data Poktan, Penerapan Teknologi Baru, Permasalahan Poktan

1. Pengaduan langsung

2. Pengaduan secara elektronik melalui website Dinas Ketahanan Pangan dan

    Pertanian dengan alamat website : www.distan.tebingtinggikota.go.i

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Pelayanan Pendampingan Kepada Kelompok Tani Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tebing Tinggi"