Komunikasi Ektiffe Untuk Meningkatkan Keterlambatan Pasien Dalam Proses Pelayanan Dan Pengobatan

  1. pelayanan di IGD dan Rawat Inap

  1. A. Di Unit Admisi / Customer Service 1. Persilahkan pasien dan keluarganya masuk dan ucapkan salam. 2. Sapa pasien dengan namanya. 3. Ciptakan suasana yang nyaman dan hindari tampak lelah 4. Perkenalkan diri (sebut nama dan profesi) dan jelaskan tujuan pemberian informasi 5. Berikan informasi sesuai kebutuhan pasien/keluarga 6. Tanyakan kembali segala sesuatu yang belum jelas 7. Tanda tangan form edukasi oleh kedua belah pihak 8. Dokumentasikan di Rekam Medis pasien A. Di Unit Pelayanan 1. Ucapkan salam dan sapa pasien dengan namanya 2. Ciptakan suasana yang nyaman 3. Perkenalkan diri (sebut nama dan profesi) 4. Tentukan siapa yang akan diberikan informasi, meliputi : a) Pasien sendiri, b) Keluarganya/orang lain yang ditunjuk oleh pasien 5. Perhatikan sikap non-verbal pasien/keluarga 6. Pertahankan kontak mata dengan pasien 7. Perhatikan keluhan yang disampaikan tanpa melakukan interupsi yang tidak perlu. 8. Gali riwayat penyakit pasien (anamnesis) 9. Libatkan pasien dan keluarga dalam rencana tindakan medis/perawatan selanjutnya atau pengambilan keputusan 10. Tanyakan kembali segala sesuatu yang belum jelas 11. Dokumentasikan dalam Rekam Medis pasien

Langkah-langkah penyampaian pikiran-pikiran atau informasi dari tenaga kesehatan kepada pasien/keluarganya melalui suatu cara tertentu sehingga pasien mengerti betul apa yang dimaksud oleh penyampai informasi dan dapat terlibat dalam proses pelayanan dan pengobatannya.

Tidak dipungut biaya

keterlambatan pelayanan

SMS/WA 08112111146

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik " Komunikasi Ektiffe Untuk Meningkatkan Keterlambatan Pasien Dalam Proses Pelayanan Dan Pengobatan"