Rekomendasi Izin Besar Pedagang Besar Farmasi (PBF)

  1. Surat Permohonan bermaterai Rp. 6000
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ Identitas Direktur/Ketua
  3. Foto Copy Izin PBF yang di legalisir oleh Direktur Jenderal
  4. Surat Penunjukan sebagai Kepala PBF Cabang
  5. Pernyataan Kepala PBF Cabang Tidak Pernah Terlibat Pelanggaran Peraturan Perundang-undangan di Bidang Farmasi
  6. Surat Pernyataan Kesediaan Bekerja Penuh Apoteker Penanggung Jawab
  7. Surat Bukti Penguasaan Bangunan dan Gudang/Laboratorium
  8. Peta Lokasi
  9. Denah Bangunan
  10. Surat Bukti Penguasaan Laboratorium dan Daftar Peralatan Bagi PBF yang akan menyalurkan Bahan Obat
  11. Foto Copy Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) Penanggung Jawab
  12. Rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kab/Kota setempat
  13. Rekomendasi dari Balai POM
  14. Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan

  1. Pelaku Usaha mengajukan berkas permohonan bermaterai
  2. Pelaku Usaha menemui Information Desk yaitu memberikan informasi mengenai persyaratan izin dan non izin
  3. Diterima oleh Front Office dengan memeriksa dan meneliti berkas kelengkapan sesuai checklist, membantu pendaftaran online, berkas yang diajukan akan dikembalikan kepada pemohon jika tidak lengkap
  4. Berkas yang lengkap kemudian diserahkan ke Back Office yang bertugas untuk meneliti berkas kelengkapan dan memproses penerbitan perizinan dan non perizinan
  5. Berkas di serahkan kepada Kepala Seksi untuk di verifikasi, validasi dan paraf untuk diproses perizinan dan non perizinan
  6. Bila perlu peninjauan lapangan, maka tim teknis akan melakukan proses teknis terhadap permohonan dengan melakukan peninjauan lapangan
  7. Setelah tim teknis melakukan peninjauan lapangan, maka berkas di paraf atau validasi kembali oleh Kepala Seksi
  8. Selanjutnya Berkas di serahkan kepada Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan untuk mendapat paraf pengajuan tanda tangan perizinan dan non perizinan
  9. Berkas di serahkan kepada Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah Provinsi Sulawesi Utara untuk mendapat paraf pengajuan tanda tangan perizinan dan non perizinan
  10. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah Provinsi Sulawesi Utara menandatangani Perizinan dan Non Perizinan
  11. Berkas Perizinan dan Non Perizinan yang sudah di tanda tangani diberikan penomoran oleh front office
  12. Penyerahan Perizinan dan Non Perizinan diserahkan melalui loket front office kepada pelaku usaha

Waktu Penyelesaian pelayanan:

3 - 5 hari kerja

Tidak dipungut biaya

Rekomendasi Izin Besar Pedagang Besar Farmasi (PBF)

Silahkan menghubungi:

Customer Care dan Seksi Kebijakan, Administrasi dan Pengaduan Pelayanan 

Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah Provinsi Sulawesi Utara

 

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store

Isu dan Keluhan

Klik banner dibawah untuk melaporkan masalah Pelayanan Publik "Rekomendasi Izin Besar Pedagang Besar Farmasi (PBF)"