Ganti Warna Kendaraan

  1. Identitas diri : Perorangan (KTP asli, untuk yang berhalangan melampirkan Surat Kuasa bermaterai cukup), Badan Usaha (Akte Pendirian, Keterangan Domisili, SIUP, NPWP yang dilegalisasi, Surat Kuasa bermaterai ditandatangani pimpinan dan dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan, serta fotokopi KTP yang diberi kuasa), Instansi Pemerintah (Surat Tugas/Surat Kuasa bermaterai dan ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap instansi yang bersangkutan dan fotokopi KTP yang diberi kuasa)
  2. BPKB asli
  3. STNK asli
  4. SKPD asli tahun terakhir
  5. Surat Keterangan dari APM atau bengkel karoseri yang melaksanakan perubahan warna Kendaraan Bermotor

  1. Wajib Pajak datang dengan membawa Kendaraan Bermotor, BPKB asli, STNK asli, SKPD Tahun terakhir, dan Surat Keterangan dari APM atau bengkel karoseri yang melaksanakan perubahan warna Kendaraan Bermotor.
  2. Melengkapi berkas permohonan (map dan fotokopi)
  3. Membawa berkas yang telah dilengkapi ke loket cek fisik untuk mengambil formulir cek fisik dan melaksanakan proses gesek rangka mesin oleh petugas cek fisik
  4. Pengisian formulir permohonan STNK dan BPKB, menyerahkan BPKB asli ke Loket BPKB untuk perubahan data.
  5. Mengambil nomor antrian, menuju loket pendaftaran ketika nomor dipanggil dengan menunjukkan nomor antrian dan memberikan berkas yang telah selesai diproses cek fisik, copy resi BPKB, Identitas diri, STNK dan SKPD tahun terakhir.
  6. Menunggu panggilan dan melakukan pembayaran PNBP STNK.
  7. Menerima SKPD baru dan STNK baru yang telah diubah warna kendaraan sesuai dengan surat keterangan APM atau bengkel karoseri.

Loket Formulir = 2 menit
Check Fisik Kendaraan = 15 menit
Pendaftaran = 5 menit
Entry data = 1 menit
Penetapan Pajak, Pajak Progresif & SWDKLLJ = 5 menit
Pembayaran = 5 menit
Pencetakan STNK = 5 menit
Pencetakan TNKB = 20 menit
Penyerahan = 2 menit

Penerimaan Negara Bukan Pajak atas pencetakan:

STNK (Roda 2 dan 3) = 100.000
STNK (Roda 4 dan lebih) = 200.000

 

BPKB, STNK dan SKPD yang telah diubah sesuai dengan warna baru

Kantor bersama samsat menyediakan loket informasi dan pengaduan sebagai sarana penyampaian informasi Pajak Kendaraan Bermotor.
Prosedur dan mekanisme pengaduan, masyarakat mengajukan pengaduan, diterima oleh petugas informasi dan pengaduan dengan menulis di buku register.
Kemudian petugas memberikan formulir tanda bukti pengaduan yang telah dicantumkan pada waktu yang telah ditentukan untuk menjawab/menyelesaikan.
Selanjutnya petugas informasi dan pengaduan menyampaikan permasalahan pengaduan tersebut pada masing-masing tupoksi pimpinan sesuai dengan materi pengaduan selambat-lambatnya 14 hari sejak pengaduan diterima petugas, maka penanggung jawab tupoksi harus sudah memberi jawaban atas komplain yang diajukan.

Anda juga dapat menyampaikan pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi melalui aplikasi LAPOR!

Melalui LAPOR!, Anda dapat menyampaikan permasalahan pelayanan publik yang Anda temui dalam satu kanal sehingga laporanmu dapat kami sampaikan ke instansi terkait.

Website LAPOR! Unduh di Play Store Unduh di App Store