Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia - KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN SELATAN

Andikpas LPKA Martapura Asah Skill Keterampilan Ecoprint Menggunakan Media Kain dan Daun

18 Agustus 2022


Martapura, INFO_PAS - Kamis (18/08) Lembaga Pembinaan Khusus ANak (LPKA) Kelas I Martapura Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia terus gencar menyelenggarakan pembinaan dan pembimbingan salah satunya pelatihan keterampilan kepada Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas).

LPKA Martapura bekerja sama dengan Lembaga Kursus dan Pelatihan Bee Word menyelenggarakan pelatihan keterampilan berupa "Pelatihan Ecoprint". Kegiatan dilaksanakan di Aula Serbaguna Dr. Sahardjo SH. pada pukul 09.00 sampai dengan selesai dan dibimbing oleh 3 (orang) instruktur terlatih dari Lembaga Kursus dan Pelatihan Bee Word.

Sekilas info, Ecoprint adalah sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. Prinsip pembuatannya adalah melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu.

Didampingi oleh petugas Subseksi Pendidikan dan Latihan Keterampilan, seluruh Andikpas mengikuti pelatihan tersebut menyimak materi dengan seksama dan mengikuti arahan dengan baik yang diberikan oleh instruktur. Selain menyimak materi yang diberikan, Andikpas juga langsung mempraktekan pada media kain yang telah disediakan. Adapun rangkaian proses yang dilaksanakan yaitu kertas karton di celup dan di tindih dgn kain putih polos yg sudah dicelup dgn pewarna alami, setelah itu di gulung dgn pipa kecil, kemudian kunci gulungan dgn isolasi bening /plester, kemudian di rebus selama 1.5 jam terakhir angkat dan tiriskan dgn gulungan posisi berdiri ditunggu sampai satu hari setelah itu dilepas dan didapatkan hasilnya.

Pelatihan Ecoprint tersebut dilaksanakan dengan menggunakan 3 media berbeda yaitu media kain, media botol minum dan media kaos dimana pada hari ini merupakan hari pertama pelaksanaan keterampilan dengan menggunakan media kain. Kegiatan telah berjalan dengan aman dan tertib.

Kontributor : Humas LPKA Martapura

#lpkamartapurajulak #PAStiWBK #ditjenpas #KumhamSemakinPASTI #kemenkumhamkalsel

Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Sukses Pacu 42 UKM Ekspor

SAMARINDA – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Provinsi Kaltim memiliki tanggung jawab untuk membantu mewujudkan visi Kaltim Berdaulat, khususnya misi kedua yakni Berdaulat dalam pemberdayaan ekonomi wilayah dan ekonomi kera

05/10/2022

HAKIM PA PROBOLINGGO MENJADI PEMATERI INTI DALAM AGENDA KULIAH TAMU STAIM PROBOLINGGO

Bertempat di Aula Utama, Hakim PA Probolinggo, Bapak YM. Mulyadi, S.H.I., M.H.I., menjadi pemateri inti dalam acara Kuliah Tamu STAI Muhammadiyah (STAIM) Probolinggo pada Selasa, 4 Oktober 2022 pukul 14.00 WIB.

05/10/2022

Tancap Gas! Tindak Lanjuti Kerjasama Badilag dan BSI, Sekretaris Pengadilan Agama Magelang Bersinergi dengan Pimpinan BSI Cabang Kota Magelang Percepat Realisasi Layanan Terpadu

Tancap Gas! Tindak Lanjuti Kerjasama Badilag dan BSI, Sekretaris Pengadilan Agama Magelang Bersinergi dengan Pimpinan BSI Cabang Kota Magelang Percepat Realisasi Layanan Terpadu

05/10/2022
Lihat Lainnya
{lang_keywords}
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei