Pemerintah Provinsi Aceh-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Dinilai Paling Inovatif, Disdukcapil Aceh Tengah Dapat Insentif Tambahan Anggaran

06 Agustus 2022


Takengon– Kinerja yang ditunjukkan dengan berbagai inovasi oleh Disdukcapil Aceh Tengah direspon positif oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar melalui pemberian insentif tambahan anggaran sebesar Rp. 500 Juta.

“Kita sudah berkomitmen untuk memberikan Insentif kepada OPD berkinerja baik yang ditunjukkan dengan berbagai inovasi sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ungkap Shabela, Senin (27/12/2021) disela acara penyerahan penghargaan Lomba Inovasi Daerah tahun 2021 bertempat di Gedung UMMI pendopo bupati.

Menurut Shabela pemberian insentif kepada OPD yang inovatif sebagai bentuk dukungan dan motivasi agar terus bekerja serta mengembangkan inovasi dilingkungan tugas masing-masing.

“Kebutuhan masyarakat menuntut pelayanan publik yang semakin prima, karena itu Pemerintah Daerah harus terus beradaptasi dan hal ini ditunjukkan oleh OPD yang mampu memberikan solusi-solusi dengan berbagai inovasi,” kata Shabela.

Kepala Bappeda Aceh Tengah, Amir Hamzah selaku pihak penyelenggara menyebutkan bahwa keikutsertaan OPD dalam ajang lomba inovasi daerah masih relatif sedikit, sehingga upaya pendampingan, pembinaan bahkan evaluasi terhadap upaya menumbuhkan semangat OPD untuk melakukan Inovasi harus terus dilakukan.

“Lomba inovasi tahun ini merupakan yang kedua, setelah tahun lalu hanya fokus dilombakan dilingkungan OPD saja, tapi tahun ini ada tambahan inovasi dari masyarakat dan sektor pendidikan yang turut diakomodir,” ujarnya

Dinas Dukcapil mendapat tiga penghargaan dalam ajang Lomba Inovasi Daerah tahun 2021, diantaranya sebagai juara I (Pertama) kategori Inovasi berkelanjutan khusus dilingkup OPD, kemudian Juara II (Kedua) untuk Inovasi Tuan POS (Tunggu Diantar POS) dan Juara III (Ketiga) untuk inovasi Alibata ( Anak Lahir Bawa Akta) dalam kategori Pelayanan Publik.

“Penghargaan yang kami raih tidak terlepas dari peran berbagai pihak, mulai dari bapak Bupati serta jajaran pimpinan yang selalu memberi arahan dan bimbingan untuk meningkatkan kualitas layanan Dinas Dukcapil,” ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal usai menerima penghargaan.

Begitu juga dengan lembaga lain yang mendukung berjalannya Inovasi Disdukcapil, mulai dari POS cabang Lhokseumawe dan Aceh Tengah yang telah mendukung Inovasi Tuan POS. Pihak RSU Datu Beru dan RSU Fandika yang telah mendukung Inovasi Alibata.

Diakui Mustafa, evaluasi yang dilakukan Puslatbang KHAN LAN RI dan pembinaan oleh Bappeda Aceh Tengah juga memiliki peran penting dalam menyusun dan mengembangkan inovasi dilingkungan Disdukcapil Aceh Tengah selama ini.

“Penghargaan Inovasi tahun ini kami dedikasikan bagi segenap jajaran Dinas Dukcapil yang sudah berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan Adminduk di Kabupaten Aceh Tengah,” pungkasnya.

Foto: Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menyerahkan penghargaan Lomba Inovasi Daerah tahun 2021 kepada Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, Senin (27/12/2021).


Komentar
Kontak dan Bantuan
Berita Terkini
Berita Instansi

Penyaluran BLT-DD Untuk Bulan Agustus Desa Pejarakan

Pemerintah Desa Pejarakan kembali merealisasi BLT-DD untuk bulan agustus 2022 kepada 175 KPM di Gor Wijaya Kusuma Desa Pejarakan.

18/08/2022

Andikpas LPKA Martapura Asah Skill Keterampilan Ecoprint Menggunakan Media Kain dan Daun

Andikpas LPKA Martapura Asah Skill Keterampilan Ecoprint Menggunakan Media Kain dan Daun

18/08/2022

Kadin dan DPMPTSP Semarang Ajak Pengusaha Bandung Investasi di Semarang

https://jateng.tribunnews.com/2022/07/29/kadin-dan-dpmptsp-semarang-ajak-pengusaha-bandung-investasi-di-semarang

18/08/2022
Lihat Lainnya
{lang_keywords}
Ayo ikut survei Kepuasan Pelayanan Publik Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik. Ikuti Survei