Manjakan Pasien, RSUD AA Rancang Sistem Pendaftaran Baru yang Lebih Singkat

31-08-2018 - Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad — Pemerintah Provinsi Riau
Manajemen RSUD Arifin Achmad terus memperbarui sistem pelayanan terhadap pasien untuk berobat. Salah satu yang menjadi fokus adalah mengurangi waktu tunggu pasien untuk antrean.

Setelah berhasil dengan sistem SMS Gateway nya, RSUD Arifin Achmad kembali memperbarui sistem antrean pasien dengan meluncurkan Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM).

APM ini salah satu keberhasilan yang digagas pihak RSUD AA untuk mengurangi daftar tunggu antrean pasien untuk berobat.

"Apresiasi tinggi dari Pak Gubernur dan BJPS atas laporan dari masyarakat karena dinilai berhasil memperpendek alur pendaftaran berobat," kata Direktur RSUD Arifin Achmad, dr. H Nuzelly Husnedi, MARS, Jumat, 31 Agustus 2018.

Meski dinilai sudah berhasil, namun Dirut RSUD Arifin Achmad tetap saja ingin membuat sistem yang lebih pendek lagi. Akhirnya tercetus ide melakukan pendaftaran secara online lewat android.

Untuk menindak lanjuti program tersebut management rumah sakit langsung melakukan rapat evaluasi penggunaan anjungan pendaftaran mandiri (APM) dan sms gateway dan sosialisasi pendaftaran pasien rawat jalan melalui aplikasi andorid.

"Saat ini kita tengah merancang itu semua bersama IT dan manajemen. Baik dari sisi sekuriti sistem, sampai aturan pasien yang mendaftar," jelas Nuzely.

Karena melalui android, sistem ini jelas terbuka luas dan bisa diakses oleh siapa saja. "Karena itu keunggulan sistem keamanan harus dikonsep betul-betul," katanya mengulangi.


"Intinya, kenapa sistem pendaftaran ini terus diperbarui, agar masyarakat atau pasien lebih mudah mendaftar dengan waktu yang tidak terbuang hanya karena mengantre," Sistem ini ditargetkan bisa beroperasi secepatnya.
Bagikan berita melalui