119 Pelajar Kelas XII MAN 1 Maluku Tengah Ikuti Tax Goes To School dengan KP2KP Masohi

10-08-2023 - Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ambon — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Papua, Papua Barat, dan Maluku

Kamis, 10 Agustus 2023 bertempat di Aula Madrasa Aliyah Negeri 1 Maluku Tengah, KP2KP Masohi menyelenggarakan kegiatan Tax Goes To School (TGTS) Tahun 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 119 (Seratus Sembilan Belas) siswa dan siswi dari kelas XII di sekolah tersebut.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Bapak Nurdin Nur Marasabessy selaku Kepala Sekolah MAN 1 Maluku Tengah. Dalam sambutannya, Bapak Nurdin mengucapkan terima kasih kepada Kantor Pelayanan, Konsultasi dan Penyuluhan Perpajakan (KP2KP) Masohi yang telah memberikan kepercayaan dengan memilih dan menyelenggarakan kegiatan TGTS di MAN 1 Maluku Tengah. Kegiatan TGTS bertujuan untuk memberikan edukasi dan mengenalkan pajak kepada para siswa agar dapat mengetahui manfaat dan peranan pajak dalam pembangunan negara. Setelah menyampaikan sambutannya, Kepala KP2KP Masohi, Bapak Bhinuko Budi Prasojo memberikan cinderamata berupa seminar kit kepada Kepala Sekolah MAN 1 Maluku Tengah. 

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Bhinuko Budi Prasojo selaku Kepala KP2KP Masohi.  Bapak Bhinuko menyampaikan bahwa TGTS merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan di sekolah yang melibatkan para pelajar dalam kegiatan tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi pajak dan pemahaman kepada peserta didik tentang peran dan manfaat pajak dalam pembangunan maupun pajak dalam kehidupan sehari-hari, selain itu juga memberikan awareness kepada guru dan sekolah tentang Program Edukasi Sadar Pajak dalam Pendidikan.

Selama kegiatan berlangsung, acara dipandu oleh Pelaksana KP2KP Masohi, Lise, dan materi perpajakan diberikan oleh Ibu Rosalinda. Dalam pemberian materi, disampaikan bahwa tahun ini merupakan kebangkitan ekonomi Indonesia setelah tahun 2020-2022 negara kita dilanda pandemic covid-19. Kebangkitan ekonomi salah satunya ditopang oleh penerimaan negara dari sektor pajak dengan nilai kontibusinya sebesar 82% yang merupakan sumber pendapatan negara terbesar. Ini merupakan wujud nyata bahwa pajak mempunyai peranan penting dalam perekonomian negara kita. Selain itu, juga disampaikan beberapa peranan siswa dalam pembangunan Indonesia, antara lain disiplin mengikuti upacara, mematuhi tata tertib sekolah, menjaga nama baik diri sendiri & sekolah, giat belajar, dan berlomba-lomba meraih prestasi.

Selain penyampaian materi, acara diselingi dengan kuis teka-teki silang yang diikuti oleh 7 siswa. Dengan antusias para siswa menjawab kuis yang diberikan oleh Lise. Setelah menjawab kuis, masing-masing pelajar diberikan coklat sebagai hadiah.

Kegiatan ditutup dengan yel-yel dan foto bersama para pelajar, guru pendamping, dan pegawai KP2KP Masohi.

Melalui kegiatan ini,  KP2KP Masohi berharap generasi muda dapat mengenal perpajakan dan nantinya dapat menjadi wajib pajak yang taat dan patuh dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.


Bagikan berita melalui