KPP Palu Turut Ramaikan Puncak Kampanye Gernas BBI dan BBWI

10-08-2023 - Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu bersama dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Satu Sulawesi Tengah turut serta memeriahkan Puncak Kampanye Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Tahun 2023 (Sabtu, 5/8). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah di Taman Gor, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari hingga 6 Agustus 2023 ini melibatkan Kemenkeu Sulawesi Tengah, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Pegadaian, Permodalan Nasional Madani (PNM), Pemerintah Daerah, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, dan 170 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sulawesi Tengah. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WITA ini terdiri dari beberapa rangkaian acara. Hari pertama yaitu penyambutan tamu dengan tarian dan prosesi tradisional, opening tayangan video Gernas BBI, sambutan selamat datang Gubernur Sulteng dan Sambutan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan. Selanjutnya, hari kedua diisi dengan acara komunitas olahraga, cinta rupiah dan sosialisasi uang digital, acara panggung, lelang, dan talk show oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Dalam kegiatan tersebut, Fungsional Penyuluh Pajak KPP Pratama Palu Alixas Biki bersama tim membuka pojok pajak untuk memberikan layanan berupa asistensi pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan, pembuatan kode billing, konsultasi perpajakan, dan perubahan data termasuk pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Selain itu, Alixas juga menyampaikan bahwa segala jenis layanan yang diberikan oleh KPP Pratama Palu tidak dipungut biaya apapun.

Untuk memudahkan akses wajib pajak dalam mendapatkan pelayanan perpajakan, KPP Pratama Palu juga memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan edukasi perpajakan masyarakat, terlebih terhadap pelaku UMKM. Pojok pajak yang dibuka oleh KPP Pratama Palu juga mendapatkan antusias yang tinggi dari pelaku UMKM karena pelaku UMKM dapat berkonsultasi hingga tuntas secara langsung terkait dengan hak dan kewajibannya sebagai wajib pajak usahawan, terutama untuk perintis UMKM.

Melalui kegiatan ini, Alixas bersama Tim KPP Pratama Palu berharap para pelaku UMKM Sulawesi Tengah dapat berperan aktif dalam mempercepat laju pertumbuhan wirausaha, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi Kota Palu, memajukan ekonomi kreatif dan pariwisata dengan mengedepankan UMKM sebagai pelaku utama, mendorong masyarakat termasuk pemerintah untuk menggunakan produk lokal dalam negeri, serta meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menjalankan usaha di bidang perpajakan.

#PajakKuatIndonesiaMaju


Bagikan berita melalui