Deklarasikan Kesepakatan Damai Pilkel Serentak Tahun 2023 Desa Tukadmungga

10-08-2023 - Kecamatan Buleleng — Pemerintah Kab. Buleleng

Kamis, (10/8) bertempat di halaman Kantor Desa Tukadmungga, Pemerintah Kecamatan Buleleng menggelar deklarasi kesepakatan damai ke 2 (dua) Calon Perbekel Desa Tukadmungga. Dimana 1 (satu) desa di kecamatan Buleleng mengikuti Pemilihan Perbekel Serentak Kabupaten Buleleng Tahun 2023.

Desa dimaksud serta ikut serta dalam Pemilihan Perbekel serentak Kabupaten Buleleng Tahun 2023 di wilayah Kecamatan Buleleng yakni Desa Tukadmungga. Sesuai tahapan Pemilihan Perbekel, serta menunjuk surat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng Nomor: 400.10.2.2/708/Bid.I/VII/DPMD, perihal, Fasilitasi Pelaksanaan Seklarasi Damai Pilkel Serentak Tahun 2023, Pemerintah Kecamatan Buleleng hari ini melaksanakan Deklarasi damai 2 Calon Perbekel Desa Tukadmungga.

Dihadiri oleh Camat Buleleng, I Made Dwi Adnyana,S.STP, MAP bersama Kaposek Kota Singaraja, dalam hal ini ceramah oleh Kanit Intelkam Polsek Kota Singaraja, Danramil 1609-01/Buleleng, Kepala Puskesmas Buleleng II, Plh.Perbekel Desa Tukadmungga, Ketua BPD Desa Tukadmungga, Ketua TP PKK Desa Tukadmungga, Ketua LPM Desa Tukadmungga, Babhinkamtibmas Desa Tukadmungga, Babinsa Desa Tukadmungga, ke 2 Calon Perbekel Desa Tukadmungga, dan Tokoh Masyarakat Desa Tukadmungga hadir dalam deklarasi damai dimaksud.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dilanjutkan dengan doa, dan laporan ketua panitia Pilkel Desa Tukadmungga. Dimana Ketua Panitia Pilkel Gede Arnaya menyampaikan beberapa hal terkait tahapan tahapan pemilihan perbekel serentak kabupaten buleleng tahun 2023 di Desa Tukadmungga.

Dalam laporannya, tahapan pelaksanaan Pilkel khusus di Desa Takadmungga disepakati oleh kedua belah calon perbekel, untuk tidak melaksanakan kampaye. Namun penerapan visi dan misi yang akan tetap dilaksanakan pada tanggal 18 September 2023 mendatang.

Usai laporannya, dilanjutkan dengan himbauan Deklarasi damai Calon Perebekel dari 2 Calon, yang diucapkan langsung oleh para Calon Perbekel disaksikan langsung oleh Camat Buleleng, Kapolsek dan Danramil Buleleng, sekaligus menandatanganan berita deklarasi acara damai masing-masing calon perbekel desa tukadmungga.

Disela pelunasan, Camat Buleleng dalam sambutannya menghimbau agar masing-masing calon menjaga situasi kamtibmas, dengan tetap berpedoman dengan aturan yang ada. Para kandidat calon perbekel, diharapkan tatap menjaga situasi Kantibmas dengan tatap menjujung tinggi nilai sportifitas dengan berpdoman pada asaz langsung umum bebas rahasia (Luber) serta jujur ??dan adil (Jurdil) dalam tahapan pelaksanaan pemilihan perbekel yang dilakukan pada tanggal, 24 September 2023 mendatang.

Lebih lanjut, Camat Buleleng berharap para calon perbekel memiliki komitmen dan integritas dalam pelalksanaan pemilihan Perbekel secara damai. “ Tidak Hanya pembacaan Ikrar kesepakatan damai di hadapan pejabat undangan yang hadir, hal ini diharapkan benar-benar ditaati, Kita harus setia apa yang telah di ucapkan pada ikrar damai” Ucap Camat Buleleng.

Demikian pula disampaikan oleh Kapolsek Kota Singaraja yang disaksikan oleh Kanit Intel Komang Tri Septo Adi. Beliau berpesan agar calon tetap menjaga situasi yang kondusip.   

Deklarasi kesepakatan damai calon perbekel terdapat 7 Poin disepakati dan dibaca langsung oleh para Calon Perbekel, baik calon perbekel no urut 1 Putu Madia, S.Sos dan Calon no urut 2 Kadek Surya Darmawan, S.Pd.MM yang isinya antara lain:

1. Kami para calon Perbekel menerapkan peraturan bersama-sama mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan pemilihan Perbekel secara damai, bermartabat dan tanggung jawab;

2. Kami para Calon Perebekel bersedia mematuhi dan segala melaksanakan peraturan Perundang-undangan serta menahan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pemilihan Perbekel bersamaan Tahun 2023;

3. Kami para Calon Perebekel larangan untuk menciptakan situasi yang kondusip selama pelaksanaan Pemilihan Perbekel;

4. Kami para Calon Perbekel bertekad untuk siap menang dan siap Kalah dalam gelaran Pemilihan Perbekel serentak Tahun 2023;

5. Kami para Calon Perebekel tidak akan melakukan tindakan politik uang, kampaye hitam, maupunpelanggran hukum lainnya baik pidana maupun perdata dalam kampaye ataupun pada setiap tahapan pemilihan Perbekel serentak tahun 2023;

6. Kami para Calon Perebekel dan Para Pendukung tidak akan berbuat anarkis dan senantiasa menjaga kondusifitas selama pelaksanaan pemilihan Perbekel serentak tahun 2023;

7. Kami Para Calon Perebekel dan para Pendukung akan/siap mentaati segala aturan yang telah disepakati bersama dalam deklarasi damai dan bersedia dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku apabila tidak mematuhi Deklarasi tersebut diatas.

Dari ke 7 kesepakatan tersebut, pengelola mengawasi pelaksanaan pilkel mendatang agar berjalan dengan aman dan damai, sekaligus disertai dengan penahanan burung dara yang dilepas masing-masing Calon Perbekel. Akhir acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama.


Bagikan berita melalui