Hari ke 14 Pelatihan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Pertama, PK Bapas Muara Teweh Pelajari Penyusunan Litmas

10-08-2023 - Balai Pemasyarakatan Kelas II Muara Teweh — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TENGAH

Muara Teweh - Kamis, 10 Agustus 2023

Pelatihan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Pertama Angkatan LIII Tahun 2023 sudah berjalan sejak tanggal 24 Juli 2023. Pelatihan ini diselenggarakan oleh BPSDM Hukum dan HAM dengan metode pembelajaran jarak jauh, dan diperuntukkan para PK di beberapa Balai Pemasyarakatan yang baru saja dilantik. Tepat pada hari ini, merupakan hari ke 14 para peserta mengikuti pelatihan dengan materi Perencanaan dan Pengumpulan Data Penelitian Kemasyarakatan. Pada pelatihan kali ini, 5 (lima) orang PK Ahli Pertama Bapas Muara Teweh Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah, yakni Lestari Nurwaridah, Ferylina Tambunan, Elly Fera Kirnaeny, Irman Saepudin, dan Ridho Al Sandra menjadi peserta pelatihan.

Pelatihan Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan bertujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kompetensi untuk para PK. Keterampilan dan keahlian PK memang dituntut untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi, agar pelaksanaan litmas, pendampingan, pembimbingan, dan pengawasan dapat berjalan optimal. Pada materi hari ini, para peserta diberikan pembelajaran terkait penyusunan litmas yang sistematis dan objektif, serta sesuai dengan Standar Kualitas Hasil Kerja Penelitian Kemasyarakatan.

Dalam materi pembelajaran hari ini, Nasirudin Acil selaku pengajar memaparkan dan memberikan edukasi terkait litmas yang baik dan benar. "Setiap litmas pada bagian pendahuluan harus ada rumusan masalah yang mana rekomendasi dan kesimpulan litmas nantinya akan menjawab rumusan masalah tersebut dan menjadi pertimbangan untuk tahap tindak lanjutnya." ucap Nasirudin saat memberikan pemahaman kepada para peserta pelatihan.

PK Pertama Bapas Muara Teweh, Ridho Al Sandra yang menjadi salah satu peserta pelatihan menilai materi ini sangat penting karena litmas merupakan tugas pokok seorang PK. "Materi penyusunan litmas sangat penting karena menunjang pelaksanaan tugas PK agar lebih optimal, dan saat melakukan wawancara penggalian informasi, PK juga jangan mudah puas dengan apa yang disampaikan oleh Klien." pungkas Ridho

Bagikan berita melalui