KEREN, Karya WBP Rutan Kuala Kapuas Diborong Dirjen Otda Kemendagri

10-08-2023 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kuala Kapuas — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TENGAH

Kuala Kapuas – Gantungan kunci karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Perempuan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas diborong Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Akmal Malik, pada acara Kunjungan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Beserta Staf Khusus Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia di Betang Manggatang Utus, Sei Pasah, Kabupaten Kapuas, Rabu (9/8).


Sebanyak 11 buah gantungan kunci motif dayak tersebut diborong semua oleh Akmal Malik, ia mengatakan bahwa produk karya narapidana perlu didukung oleh pihak luar.

“Dengan membeli karya narapidana artinya kita peduli dengan Narapidana yang berniat merubah dirinya menjadi manusia yang lebih baik melalui kegiatan positif yang diberikan oleh pihak Rutan Kapuas,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kuala Kapuas, sangat mengapresiasi atas berhasilnya kerjasama antara Rutan Kuala Kapuas dengan Lembaga Pendidikan Non Formal Rumah Pintar Askari yang memberikan pelatihan kepada para WBP Rutan Kuala Kapuas.

“Selama ini kita telah membuat beberapa kerajinan tangan yang salah satunya gantungan kunci motif dayak tersebut,” kata Toni saat ditemui di Rutan Kuala Kapuas.

“Harapannya kedepan kegiatan seperti ini dapat dikembangkan lagi selain memberikan pembinaan WBp juga mengangkat kearifan lokal melalui kerajinan tangan budaya lokal,” tutup Toni.

Kontributor : Humas Rutan Kuala Kapuas


#KemenkumhamRI
#kemenkumhamkalteng
#kanwilkemenkumhamkalteng
#hendraekaputra
#rutankapuas
#rutankualakapuas
#rutankapuascangkalbagawi
#toniajipriyanto


Bagikan berita melalui