COFFEE MORNING DENGAN ORMAS DAN BADAN/LEMBAGA DI KABUPATEN KUTAI BARAT

09-08-2023 - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Timur — Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur

    Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Timur bersama Badan Kesbangpol Kabupaten Kutai Barat menggelar acara Coffee Morning dengan ormas dan badan yang berada di Kutai Barat. Mengangkat tema “Silahturahmi dengan Ormas untuk Mengomunikasikan Masalah-Masalah Aktual dalam Pemberdayaan Ormas”. Kegiatan Coffee Morning ini berlangsung di Hotel Sidodadi, Kec. Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat pada Rabu (14/06/2023).
<meta charset="UTF-8" />

    Berdasarkan data dari Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Timur terdapat kurang lebih 448.530 ormas. Dengan uraian, 27.015 terdaftar di Kemendagri, 110 terdaftar di Provinsi, 16.954 terdaftar di Kabupaten/Kota, 404.379 terdaftar di Kemenkum HAM dan 72 Ormas Asing terdaftar di Kemenlu. Akan tetapi, ormas yang aktif hanya berjumlah 915 di Kalimantan Timur dan di Kabupaten Kutai Barat sendiri terdapat 38 ormas.

    Ormas memiliki peran dalam membantu mengkomunikasikan isu-isu penting kepada masyarakat terkait pemilu serentak harus disampaikan dengan jelas dan efektif kepada seluruh masyarakat.

    Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si., dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kutai Barat, Suwito, mengatakan bahwa ormas juga merupakan suatu organisasi masyarakat yang memiliki relevansi yang sangat besar dengan situasi yang dihadapi saat ini di mana proses demokrasi akan berjalan kembali. “Pemerintah dan Ormas harus bisa bekerja sama dan saling dukung dengan baik agar pemilu sukses terlaksana”, sebutnya.

    Lebih lanjut Gubernur Provinsi Kalimantan Timur menjelaskan bahwa saat ini kita juga menghadapi tantangan besar dalam upaya pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Proyek ini akan memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap kabupaten Kutai Barat, baik dalam hal ekonomi, infrastruktur, maupun lingkungan. “Kita harus bersatu, bekerjasama dan saling mendukung untuk memastikan bahwa pembangunan ini berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh masyarakat”, tutupnya.

Bagikan berita melalui