Ziarah di Makam Pahlawan dalam rangka HDKD, Karutan: Lanjutkan Perjuangan dengan Memberikan Kinerja Terbaik

09-08-2023 - RUMAH TAHANAN KELAS IIB MAGETAN — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI JAWA TIMUR

MAGETAN – Ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan merupakan aksi simbolis dalam memberikan penghargaan dan penghormatan kepada jasa para pahlawan guna menanamkan nilai-nilai juang dan kerja keras bagi generasi penerus bangsa. Pagi ini (9/8/2023) Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Yudhonegoro Magetan.

Kegiatan yang notabenenya merupakan salah satu rangkaian dari peringatan HDKD Ke-78 tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Eries Sugianto dan diikuti oleh seluruh pegawai. Dengan mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU) II, tampak seluruh peserta upacara mengikuti jalannya kegiatan dengan penuh khidmat.

Upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, pembacaan doa hingga peletakan karangan bunga di monumen TMP. Kegiatan diakhiri dengan penaburan bunga oleh Karutan beserta seluruh pegawai.

Pada kesempatan tersebut, Karutan menyampaikan bahwa upacara tabur bunga di momen HDKD kali ini menjadi kesempatan untuk mengingat dan mengenang jasa pahlawan. "Sebagai generasi penerus kita tidak boleh melupakan pengorbanan para pejuang-pejuang kita terdahulu, khususnya mereka yang berjuang demi kemerdekaan bangsa. Tabur bunga ini merupakan salah satu tanda kita menghargai dan menghormati setiap pengabdian yang telah mereka berikan," tuturnya.

Lebih lanjut, Eries juga mengingatkan kepada jajarannya bahwa perjuangan para pahlawan terdahulu harus dilanjutkan dalam sebuah tindakan dan aksi nyata. "Tanggung jawab kita sekarang adalah melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan memberikan kinerja yang terbaik dari apa yang bisa kita lakukan untuk kemajuan bangsa ini," pungkas Karutan. (Humas Rutan Magetan)

Bagikan berita melalui