Ziarah & Tabur Bunga di TMP dalam rangka Hari Kemenkumham, Wujud Penghormatan Pemasyarakatan Kepada Para Pahlawan

09-08-2023 - Lembaga Pemasyarakatan Samarinda — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TIMUR

Samarinda- Setelah pada Kamis (03/8) jajaran Pemasyarakatan melakukan bersih-bersih Taman Makam Pahlawan (TMP) terkhusus Jajaran Lapas Kelas IIA Samarinda, sebagai rangkaian peringatan Hari Kemenkumham RI “HDKD” Ke-78, pada Rabu (09/8) rangkaian peringatan dua hari besar tersebut berlanjut. Kali ini, dilakukan kegiatan ziarah dan upacara tabur bunga di TMP yang ada di wilayah masing-masing.

“Mari kita hargai perjuangan pahlawan terdahulu dengan bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas,” ajak Kepala Lapas Samarinda, Hudi Ismono Bersama jajaran Pejabat Struktural Eselon IV & V Lapas Kelas IIA Samarinda, kala melakukan ziarah dan upacara tabur bunga di TMP Kesuma Bangsa, Jl. Pahlawan kota Samarinda.

“Jangan jadikan kegiatan tabur bunga hanya sebagai acara seremonial, tetapi selalu tanamkan dalam diri dan jiwa kita untuk selalu menghargai jasa dan juang dari para pahlawan yang telah berkorban untuk memerdekaan bangsa ini dari tangan penjajah sehingga hasilnya bisa kita nikmati sekarang,” pesan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim, Sofyan selaku Inspektur Upacara.

“Ini bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah gagah berani memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di mana sekarang kita telah menikmati hasil perjuangannya. Untuk itu, kita harus selalu menanamkan semangat juang dan kerja keras untuk mengisi kemerdekaan dengan nilai-nilai positif,” tambahnya.

Tabur bunga dan ziarah dalam rangka Hari Kemenkumham HDKD ke 78 melibatkan jajaran Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim wilayah Samarinda – tenggarong, dikomandoi langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, Sofyan.

Usai upacara, Kepala Kantor Wilayah beserta semua undangan yang hadir  secara bergantian melakukan tabur bunga pada makam pejuang bangsa yang ada di TMP Kesuma Bangsa. Kegiatan ziarah dan tabur bunga berlangsung khidmat dan ditutup dengan berfoto bersama Kepala Kantor Wilayah dan seluruh undangan yang hadir


Bagikan berita melalui