Kantor Bahasa Provinsi NTB Gelar UKBI Adaptif Merdeka bagi Siswa SMPN 2 Mataram

09-08-2023 - Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat — Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Mataram, 5 Agustus 2023--Kantor Bahasa Provinsi NTB mengadakan sosialisasi dan pengujian Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia dengan sasaran lebih dari 1.000 peserta. Pengujian kali ini menyasar siswa SMPN 2 Mataram sebagai peserta. Agenda sosialisasi dan pengujian UKBI dilakukan dalam dua hari, yakni pada tanggal 5 dan 12 Agustus 2023.

Agenda pada tanggal 5 Agustus 2023 ini berupa pengujian bagi 400 siswa kelas IX dan sosialisasi bagi 800 siswa kelas VII dan VIII. Tim UKBI dibantu dengan wali kelas dan tim UKBI SMPN 2 Mataram mengawal pengujian hingga sebanyak 360 siswa berhasil teruji. Sementara itu, 40 siswa lainnya dipindahkan ke sesi uji coba berikutnya akibat kendala sinyal. Pengujian dilanjutkan dengan sosialisasi dan pendaftaran bagi 800 siswa kelas VII dan VIII. 

“Kami berharap apa yang dilakukan SMPN 2 Mataram ini punya dampak baik bagi seluruh siswa. Tidak hanya diperoleh data pengukuran kemahiran berbahasa Indonesia secara kuantitatif, tetapi juga diikuti dengan peningkatan kemahiran berbahasa siswa secara nyata. Kami juga berharap ada tindak lanjut berupa latihan intensif dengan nilai UKBI sebagai dasar," tutur Hartanto, koordinator KKLP UKBI Kantor Bahasa Provinsi NTB saat menemui Sahra selaku penanggung jawab tim UKBI SMPN 2 Mataram. 

Tidak hanya mengikuti ujian, tim UKBI SMPN 2 Mataram juga berencana mengikutsertakan praktik baik ujian ini dalam lomba Giat UKBI Adaptif yang diadakan oleh Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra. Seluruh kegiatan telah terdokumentasi dan para guru tengah menyusun naskah esai yang akan diikutsertakan dalam lomba. Kegiatan akan dilanjutkan dengan pengujian UKBI di hari kedua. Seluruh siswa kelas VII dan VIII yang telah tersosialisasi dan siswa yang gagal mengikuti ujian di hari ini akan menjalani pengujian pada tanggal 12 Agustus 2023.


Bagikan berita melalui