Teken Kontrak Kerja Sama, Kantor Bahasa Provinsi NTB Dorong Program Bersama Guru Penggerak

09-08-2023 - Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat — Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Mataram, 7 Agustus 2023--Kantor Bahasa Provinsi NTB menerima kunjungan dari Komunitas Guru Penggerak (KGP) Kabupaten Lombok Tengah Angkatan V yang diketuai oleh Mohammad Fadli, M.Pd. Rombongan terdiri atas lima anggota KGP dan perwakilan guru penggerak asal SMA, SMP, SD, dan SLB di Kabupaten Lombok Tengah. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB dan Tim Kerja Sama.

Kunjungan kali ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya yang membahas kemungkinan menjalin kerja sama dalam bidang UKBI, literasi, serta pembinaan bahasa Indonesia dan daerah. Dalam mewujudkan rencana kerja sama, melakukan pembajakan perjanjian kerja sama.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB (Puji Retno Hardiningtyas) mengungkapkan kesiapsediaan Kantor Bahasa Provinsi NTB dalam mendukung kerja para penggerak guru. “Saat ini, Kantor Bahasa Provinsi NTB sedang menerbitkan 60 cerita anak berbahasa daerah dan 60 terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Setelah dicetak, buku-buku tersebut dapat disebarkan ke berbagai sekolah. Selain itu, kami pun siap membantu penyelenggaraan tes UKBI bagi para siswa.”

Sambutan Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB ditanggapi dengan positif oleh Mohammad Fadli. “Kantor Bahasa Provinsi NTB memiliki manfaat yang besar, namun masih banyak masyarakat yang belum merasakannya. Dengan adanya kerja sama ini, Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Lombok Tengah Angkatan V dapat membantu pengimbasan agar keberadaan Kantor Bahasa Provinsi NTB lebih banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kami memiliki jaringan institusi pendidikan yang luas sehingga kami yakin dapat membantu.”

Di akhir acara, Kantor Bahasa Provinsi NTB menyerahkan lima paket buku cerita anak berbahasa daerah terbitan tahun 2022. Buku-buku tersebut dapat dijadikan sebagai bahan ajar sekaligus memotivasi para guru penggerak untuk menulis.


Bagikan berita melalui