UPACARA TABUR BUNGA HDKD KE-78, KENANG PERJUANGAN PAHLAWAN BANGSA

09-08-2023 - KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI BALI — Sekretariat Jenderal
TABANAN - Menyambut Peringatan Hari Lahir Kemenkumham (HDKD) Ke-78 Tahun 2023, jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali melaksanakan kegiatan Tabur Bunga dan Ziarah di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Kabupaten Tabanan, Rabu (09/08).

Upacara Tabur Bunga dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, Anggiat Napitupulu. Turut hadir para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator pada Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Kepala Unit Pelaksana Teknis, jajaran Pegawai Pemasyarakatan dan Imigrasi di wilayah Denpasar, Badung dan Tabanan serta Anggota Persatuan Dharma Wanita Pengayoman.

Acara diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta kemudian peletakan karangan bunga pada tugu makam Pahlawan yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali selaku Inspektur Upacara. Selanjutnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali beserta jajaran melaksanakan tabur bunga di tempat makam pahlawan.

Kakanwil Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu menjelaskan bahwa Kegiatan Tabur Bunga di Makam Pahlawan ini merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Lahir Kemenkumham atau Hari Dharma Karya Dhika ke – 78 tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2023. "Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan, juga sebagai tanda penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan,” ucap Anggiat.

Selain sebagai tanda penghormatan dan penghargaan, kegiatan tabur bunga ini merupakan bentuk perhatian yang diberikan seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM RI yang tidak pernah melupakan jasa Para Pendahulu. “Diharapkan melalui kegiatan ini seluruh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali yang masih aktif dapat memberikan sumbangsih seperti para pendahulu kita untuk menuju yang lebih baik lagi,” tutup Anggiat.

Kegiatan Tabur Bunga ini juga dilaksanakan oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali pada beberapa Taman Makam Pahlawan yaitu diantaranya Taman Makam Pahlawan Kreta Kirtya Mandala Gianyar, Taman Makam Pahlawan Curastana Singaraja, Taman Makam Pahlawan Ciung Wanara Karangasem, Taman Makam Pahlawan Kesatria Kusuma Mandala Negara, dan Tugu Pahlawan Penglipuran.
Bagikan berita melalui